DPR RI Laksanakan Pengawasan Tahapan Pemilu di Bengkulu

DPR RI Laksanakan Pengawasan Tahapan Pemilu di Bengkulu

DOK/RK : KUNJUNGAN : Anggota Komisi II DPR RI saat melaksanakan kunjungan kerja spesifik ke Provinsi Bengkulu dalam rangka pengawasan tahapan Pemilu serentak 2024. --

RK ONLINE - Anggota Komisi II DPR RI melaksanakan kunjungan kerja spesifik ke Provinsi Bengkulu dalam rangka pengawasan terhadap tahapan Pemilu Tahun 2024, Rabu (25/1). Kunjungan tersebut dipimpin Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Kurnia Doli Tanjung dengan melakukan rapat koordinasi bersama jajaran Pemprov Bengkulu, Forkopimda, KPU dan Bawaslu Provinsi Bengkulu, perguruan tinggi serta pihak terkait lainnya.

 

 

Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Kurnia Doli Tanjung mengatakan, pertemuan ini digelar untuk mendengarkan catatan evaluasi, tantangan, dan persiapan dalam menghadapi Pemilu 2024 baik dari pemerintah daerah, KPU dan Bawaslu, hingga pihak kepolisian dan beberapa pihak terkait lainnya.

 

 

"Sejak dimulainya tahapan Pemilu 14 Juni yang lalu, kami komisi 2 selalu dalam setiap kunjungan kerja baik kunjungan kerja reguler maupun spesifik memasukkan agenda pembahasan persiapan Pemilu di seluruh Indonesia," sampai Doli.

 

 

Ia menyebut, secara keseluruhan pihaknya menilai bahwa persiapan yang selama ini dilakukan oleh Provinsi Bengkulu dan semua stakeholder bisa dinyatakan cukup baik. Walaupun masih ada saran dan masukan  yang masih perlu diberikan dan untuk ditingkatkan.

 

 

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya terkait isu data pemilih, karena beberapa persoalan yang muncul seperti penetapan Data Pemilih Tetap (DPT) dan terbatasnya akses informasi dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dan input data pemilih dari instansi induk belum maksimal. Juga ada beberapa hal krusial antara lain, penyediaan data pemilih, pemutakhiran dan penyusunan data dan daftar pemilih, penyusunan daftar pemilih tambahan dan daftar pemilih khusus.

 

Sumber: