DAK Bina Marga untuk Peningkatan Jalan ke Tik Sirong

DAK Bina Marga untuk Peningkatan Jalan ke Tik Sirong

DOK/Net : Ilustrasi DAK--

RK ONLINE - Dana Alokasi Khusus (DAK) pembangunan jalan yang diterima Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong tahun 2023 terjun bebas. Dari Rp 28 miliar yang diperoleh tahun 2022 ini menjadi Rp 14,9 miliar untuk tahun 2023 mendatang.

 

Anggaran tersebut rencananya akan digunakan untuk peningkatan jalan mulai dari Rimbo Pengadang - Tik Sirong Kecamatan Topos. Hal tersebut disampaikan oleh Kabid Bina Marga Dinas PUPR-Hub Lebong, Haris Santoso, ST.

 

"Dengan anggaran tersebut akan diupayakan ruas jalan tersebut tuntas. Mulai dari bangunan pelengkap hingga peningkatan jalan, " kata Toso sapaan akrabnya.

 

Sementara dari anggaran yang berasal dari Dana Alokasi Umum (DAU) 2023 sebesar Rp 11 miliar, akan dilakukan untuk melanjutkan pelebaran jalan yang sebelumnya sudah dilakukan.

 

Seperti pelebaran jalan di Tanjung Bunga hingga Kelurahan Embong Panjang diwilayah Kecamatan Lebong Tengah maupun pelebaran jalan dari Garut hingga Uram Jaya serta peningkatan jalan di beberapa titik. Ia mengaku jika besaran DAU yang diterima tahun 2023 mendatang juga ikut menurun jika dibandingkan dengan tahun anggaran 2022 ini.

 

BACA JUGA:2023, Cipta Karya Siapkan Rp 11,9 Miliar untuk Infrastruktur

 

"Secara keseluruhan ditahun 2023 pembangunan di Bidang Bina Marga nilai anggarannya Rp 25,9 miliar. Meski anggaran yang diterima turun, kami akan berupaya untuk terus melanjutkan program-program pembangunan yang diprioritaskan bersentugan langsung dengan masyarakat, " tambahnya.

 

Sumber: