Radar Kepahiang
PUPR Kepahiang

Layanan Terus Ditingkatkan Perpustakaan Daerah Bengkulu Resmi Terakreditasi A

Layanan Terus Ditingkatkan Perpustakaan Daerah Bengkulu Resmi Terakreditasi A

DOK/RK : LAYANAN : Kepala DPK Provinsi Bengkulu, H. Meri Sasdi, M.Pd dan kunjungan layanan Perpustakaan daerah oleh Kepala Perpusnas RI, Drs. Muhammad Syarif Bando, MM, Senin (28/11) lalu.--

BACA JUGA:Rapat Persiapan Peresmian Layanan Perpustakaan Akreditasi A dan Talkshow PILM

 

Dia menambahkan, DPK Provinsi Bengkulu juga akan terus mendorong perpustakaan memiliki inovasi-inovasi baru dan meningkatkan layanannya. Sehingga menjadi pusat peradaban, ekonomi, dan pusat teknologi untuk mewujudkan Provinsi Bengkulu yang maju, sejahtera, dan hebat.

 

"Tentu kita akan tingkatkan inovasi-inovasi di perpustakaan kita, sehingga keberadaan perpustakaan menjadi tempat berkumpulnya masyarakat meningkatkan literasi, untuk kemajuan Bengkulu dan Indonesia," ungkap Meri Sasdi.

 

Lebih lanjut, peningkatan layanan ini sendiri tidak hanya layanan yang bersifat umum atau memang harus ada dalam perpustakaan maupun layanan secara manual, tapi juga pelayanan yang disesuaikan dengan perkembangan teknologi.

 

Seperti inovasi perpustakaan daerah melalaui aplikasi E-Perpus atau perpustakaan elektronik. Dimana masyarakat tidak hanya baca dan pinjam buku secara online saja, namun juga berisi informasi-informasi penting lainnya tentang Bengkulu pada aplikasi ini.

 

"Melaui e-Perpus yang kita kenal dengan APO BUEK yang menjadi juara 2 inovasi perangkat daerah tahun 2022, akan terus dioptimalkan dan dikembangkan, sehingga dapat berdampak positif terhadap peningkatan literasi masyarakat," demikian Meri Sasdi.

 

Akreditasi A plus Perpustakaan Daerah Provinsi Bengkulu, tentunya tidak lepas dari upaya jajaran DPK Provinsi Bengkulu dalam mengoptimalkan layanan. Diantaranya selain memiliki lebih dari 6.000 judul buku, juga memiliki fasilitas bagi disabilitas berupa buku braille, dan ruang baca anak.

 

Lalu ada fasilitas pendukung yang memadai seperti komputer, pendingin AC/kipas angin, jaringan internet, petugas perpustakaan yang sigap membimbing kepada pemustaka, Layanan e-Perpus/Aplikasi Orang Bengkulu e-Perpus Provinsi Bengkulu (APO BUEK), ada ruang layanan kearsipan, layanan baca buku di tempat dan pinjam buku, mempermudah pembuatan kartu keanggotaan, inovasi Cafe Baca atau ruang baca kekinian, dan layanan lainnya.

Sumber: