Butuh Rp 6 Miliar Lagi Selesaikan PTM Muara Aman

Butuh Rp 6 Miliar Lagi Selesaikan PTM Muara Aman

DOK/RK : PTM : Hingga kemarin (28/11) pembangunan PTM Muara Aman masih dilaksanakan oleh pihak rekanan Dinas PUPR-Hub. --

RK ONLINE - Kabid Cipta Karya Dinas PUPR-Hub Mast Irawan Nugroho, ST mengatakan menjelaskan ssuai dengan perencanaan dalam menyelesaikan pembangunan Pasar Tradisional Modern (PTM) Muara Aman hingga bisa dioperasikan dan ditempati pedagang, masih dibutuhkan anggaran sekitar Rp 6 miliar. Selain pembangunan fisik, kebutuhan anggaran tersebut mencakup kelengkapan administrasi dalam memenuhi standar kemanan, pelayanan hingga pengelolaan pasar.

 

"Harus selesai dulu baru bisa beroperasi. Setelah pembangunan fisiknya selesai sepenuhnya baru nantinya akan dilimpahkan ke Disperindagkop UKM sebagai OPD teknis dalam pengelolaannya, " kata Wawan sapaan akrabnya.

 

Dalam APBD Lebong tahun ini, sudah digelontorkan anggaran sebesar Rp 3,4 miliar dalam melanjutkan bangunan pasar berlantai 4 tersebut. Dengan anggaran tersebut hanya beberapa item kegiatan yang dilaksanakan dalam lanjutan pembangunan pasar. Pertama menyelesaikan pekerjaan untuk lantai 3 dan lantai 4 pasar serta pemasangan instalasi pemadam kebakaran pada bagian dalam bangunan pasar. Instalasi tersebut wajib untuk dipasang pada bangunan publik seperti pasar.

 

"Untuk lantai 1 dan 2 pasar sudah selesai dikerjakan tahun 2021 lalu. Ditahun ini dilanjutkan dengan melakukan tahap finishing pada lantai 3 yang terdiri dari kios pedagang dan lantai 4 yang direncanakan sebagai food court atau pusat kuliner, " singkatnya.

 

Sementara itu, Kepala Disperindagkop UKM Lebong, Mahmud Siam, SP, MM mengatakan pada perinsipnya pihaknya hanya menunggu pelimpahan PTM Muara Aman. Ketika itu sudah dilakukan baru ada wewenang pihaknya dalam proses pengelolaan pasar. Sembari menunggu tahap pembangunan, pihaknya juga sudah mulai menyusun regulasi berupa Rancangan Peraturan Bupati (Raperda) dalam penempatan pasar tersebut oleh pedagang.

 

BACA JUGA:PTM Muara Aman Dioperasikan Setelah Selesai 100 Persen

 

"Saat inikan bangunan PTM Muara Aman masih dikerjakan oleh Dinas PUPR-Hub dan belum ada pelimpahan. Sehingga belum ada wewenang kami. Ketika sudah dilimpahkan baru bisa kita kelola, " singkatnya. 

 

Sumber: