Tanam Padi Serentak Bersama Wamentan RI

Tanam Padi Serentak Bersama Wamentan RI

DOK/RK : TANAM : Penanaman padi bersama dengan Wamentan RI secara daring dilaksanakan di Kecamatan Tebat Karai Kabupaten Kepahiang, Rabu (23/11).--

RK ONLINE - Dalam rangka mendukung kedaulatan pangan khususnya masyarakat Provinsi Bengkulu, Desa Penanjung Panjang Kecamatan Tebat Karai Kabupaten Kepahiang yang memiliki persawahan luas, ditunjuk menjadi lokasi penanaman perdana bersama Wakil Menteri Pertanian RI, Pemprov Bengkulu, Polda Bengkulu, dan Korem 041/Gamas pada Rabu (23/11). 

 

Meski penanaman dilakukan Wamentan RI, Gubernur bersama Unsur Forkompimda dilaksanakan di Desa Sukarami Kecamatan Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah, namun Kabupaten Kepahiang menjadi bagian dari Pemerintah Provinsi Bengkulu ikut melakukan penanaman serentak.

 

Camat Tebat Karai, Renal Saputro, Mp menjelaskan, penanaman padi di Desa Penanjung Panjang ditanam di areal 3 hektare lahan persawahan. "Utamanya, kita di Kabupaten Kepahiang khususnya di Kecamatan Tebat Karai mendukung kedaulatan pangan yang dicanangkan oleh Kementerian Pertanian. Wamentan, Gubernur serta Forkompimda Provinsi Bengkulu melakukan penanaman padi di Bengkulu Tengah, kita di daerah melakukan penanaman serentak, walaupun secara daring," kata Renal.

 

BACA JUGA:120 Poktan terima Benih Padi

 

Lebih lanjut Renal menjelaskan, pada beberapa kesempatan, pemerintah Kecamatan Tebat Karai terus mendorong agar pemerintah desa dan masyarakat memanfaatkan lahan untuk keperluan tanaman pangan. Seperti padi, palawija, dan sejumlah tanaman pangan lainnya.

 

"Terlebih mayoritas masyarakat kita adalah petani. Jadi selain pada sektor perkebunan, masyarakat juga petani padi dan palawija. Kita terus mendorong, agar dimaksimalkannya pemanfaatan untuk ditanami pangan," demikian Renal.

Sumber: