NTP Bengkulu Naik 3,92 Persen

NTP Bengkulu Naik 3,92 Persen

DOK/RK : NTP : Perkembangan NTP Provinsi Bengkulu bulan Oktober 2022--

RK ONLINE - Nilai Tukar Petani (NTP) Provinsi Bengkulu pada bulan Oktober 2022 sebesar 135,24 atau naik 3,92 persen dibanding NTP bulan sebelumnya.

 

Peningkatan ini dikarenakan Indeks Harga yang Diterima Petani (It) naik sebesar 3,54 persen, sementara Indeks Harga yang Dibayar Petani (Ib) turun sebesar 0,36 persen.

 

"Sedangakn Nilai Tukar Usaha Rumah Tangga Pertanian (NTUP) sebesar 126,98 atau naik 2,63 persen dibanding NTUP bulan sebelumnya," kata Kepala BPS Provinsi Bengkulu, Ir. Win Rizal, ME, Jumat (11/11). 

 

Win Rizal memaparkan, NTP adalah perbandingan indeks harga yang diterima petani (It) terhadap indeks harga yang dibayar petani (Ib). NTP juga merupakan salah satu indikator untuk melihat tingkat kemampuan/daya beli petani di perdesaan. 

 

Selain itu, NTP juga menunjukkan daya tukar  dari produk pertanian dengan barang dan jasa yang dikonsumsi maupun untuk biaya produksi.

 

"Peningkatan  NTP dipengaruhi oleh tiga subsektor pertanian, yaitu subsektor tanaman pangan sebesar 1,48 persen, subsektor tanaman perkebunan rakyat 5,08 dan Sektor Perikanan sebesar 0,72 persen. Sedangakan subsektor lainnya seperti Hortikultura dan Peternakan mengalami penurunan yakn ini diangka 10,32 persen dan 0,54 persen," ungkap Win Rizal.

 

Peningkatan NTP dibulan ini juga disebabkan karena  indeks harga yang diterima petani (lt) naik sebesar 3,54 persen, sementara indeks harga yang di bayar petani (lb) atau barang dan jasa yang dikonsumsi oleh rumah tangga maupun untuk keperluan produksi pertanian turun 0,36 persen. 

 

Sumber: