Wujudkan Pembangunan Bengkulu Melaui Potensi Sejarah

Wujudkan Pembangunan Bengkulu Melaui Potensi Sejarah

DOK/RK : DIALOG : DPK Provinsi Bengkulu menggelar dialog kebangsaan yang dilaksanakan di Gedung Daerah Balai Raya Semarak Bengkulu.--

RK ONLINE - Dinas Perpusatakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu melaksanakan kegiatan Sarasehan Dialog Kebangsaan bertema 'Saatnya Bengkulu ke Pentas Dunia Melalui Napak Tilas Dua Abad Traktat London 1824' di Gedung Daerah Balai Raya Semarak Bengkulu, Selasa (8/11).

 

Traktan London sendiri merupakan peristiwa bersejarah penandatanganan perjanjian Britania-Belanda 1824 pada tanggal 17 Maret 1824 di London antara Kerajaan Britania Raya (Inggris) dengan Kerajaan Belanda. Dalam hal ini terjadi pemimpindahan kekuasaan dari kolonial Inggris ke Belanda. 

 

Kepala DPK Provinsi Bengkulu, Meri Sasdi, M.Pd mengatakan, wawasan kebangsaan sesuai dengan amanat undang-undang nomor 43 tahun 2009 tentang kearsiapan. Dimana arsip memiliki peran penting dalam mewujudkan pembangunan. 

 

"Kita melaksanakan dialog kebangsaan dalam rangka napak tilas traktat London 1824 sebagai amanat undang-undang, dimana kita harus melakukan penelusuran arsip statis. Dengan harapan Bengkulu lebih memiliki peran baik secara nasional maupun internasional," ungkapnya. 

 

Lebih lanjut, Meri menyebut dengan adanya narasumber yang luar biasa akan memberikan kajian-kajian dan formulasi dalam sejarah, bagaimana mewujudkan pembangunan Bengkulu dengan memanfaatkan potensi sejarah yang dimilikinya. 

 

"Kita punya arsip statis yang luar biasa yakni Traktat London, itu bagaimana yang sesungguhnya akan kita lakukan. Ini mengawali dokumen-dokumen penting di Bengkulu, dan apa yang ada menjadi modal pembangunan di wilayah ini," ujarnya. 

 

Sementara itu, Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Supran, SH, MH menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan dialog kebangsaan yang dilaksanakan. 

 

Sumber: