Jalan Kabupaten Menyemak

Jalan Kabupaten Menyemak

DOK/RK : SAMA : Camat dan masyarakat gotong royong tebas bayang.--

RK ONLINE - Terlepas merupakan kewenangan dinas instansi terkait untuk melaksanakan kegiatan tebas bayang pada kawasan jalan kabupaten. Camat Muara Kemumu, Mashuri Renoldi, M.Pd menginisiasi gotong royong bersama masyarakat dan pemerintah desa, melakukan tebas bayang jalan Keban Agung - Batu Bandung. 

Dikatakannya, jalan tersebut merupakan akses utama yang dilalui oleh masyarakat, terutama para pelajar setiap harinya.

"Jalan sudah menyemak, rumput sudah masuk hingga sebagian badan jalan. Kondisi ini mengakibatkan jalan menyempit. Kita khawatir, kondisi jalan seperti ini dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Kiri-kanan jalan sepanjang Keban Agung-Batu Bandung dipenuhi rumput," ujar Mashuri, Minggu (23/10).

Karena kekhawatiran akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi seperti kecelakaan lalu lintas, dikatakan Mashuri, akhirnya para kepala desa, Polsek dan Koramil pun sepakat untuk melaksanakan gotong royong.

"Kondisi jalan dengan kiri-kanannya dipenuhi rumput ini tidak bisa dibiarkan terlalu lama. Dari kesepakatan bersama, akhirnya kepala desa dibantu masyarakat, Polsek dan Koramil bergotong royong. Ya ke depan, harapannya agar tebas bayang dapat dilakukan tepat waktu oleh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang bersangkutan," kata Mashuri.

 

BACA JUGA:Gara-gara Proyek Waterpark

 

Disisi lain terlepas adanya anggaran dana kegiatan rutin tebas bayang oleh pemerintah daerah pada instansi terkait, dilanjutkan Mashuri, kondisi jalan yang menyempit karena rumput juga harus menjadi perhatian semua pihak.

"Mungkin saja anggaran OPD terkait belum ada. Karena itu pihak-pihak lain pun tidak ada salahnya untuk membantu membersihkan. Apa yang dilakukan pemerintah desa, masyarakat, Polsek dan Koramil, itu sudah sangat bagus. Bahkan harus mendapat apresiasi dan patut dicontoh.

Sumber: