Pelaku UMKM Diminta Inovatif Pasarkan Produk

Pelaku UMKM Diminta Inovatif Pasarkan Produk

DOK/RK : Kepala Disperindagkop UKM Rejang Lebong, Dra. Upik Zumratul Aini--

RK ONLINE - Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) Rejang Lebong meminta agar pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) atau home industri untuk lebih inovatif dalam memasarkan produknya. Salah satunya bisa dilakukan dengan mengemas produknya dengan tampilan yang lebih modern. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Disperindagkop UKM Rejang Lebong Dra. Upik Zumratul Aini.

Menurutnya dengan kemasan yang khas dan mengikuti zaman saat ini bisa meningkatkan daya tarik tersendiri bagi konsumen.

"Saat ini di Rejang Lebong telah memiliki klinik kemasan yang berada di kantor Dekranasda. Bagi para pelaku UMKM bisa berkonsultasi maupun mendesain kemasan produk mereka, " jelasnya.

Kemasan produk UMKM yang lebih modern tentunya akan menarik minat calon pembeli melalui tampilannya. Hal tersebut akan meningkatkan minat konsumen untuk membeli produk UMKM. Menurutnya saat ini produk UMKM yang paling banyak dicari salah satunya adalah kopi bubuk. Terlebih Rejang Lebong merupakan salah satu penghasil kopi terbesar di Provinsi Bengkulu.

"Untuk produk UMKM jenis kopi setidaknya sudah ada puluhan yang kita bantu perizinan usahanya maupun desain kemasannya. Kalau kemasannya bagus tentu orang akan senang menjadikannya sebagai oleh-oleh dari Rejang Lebong," lanjutnya.

 

BACA JUGA:Bupati Buka Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata Baru Manis

 

Selain kopi bubuk, produk UMKM unggulan lainnya adalah gula aren hingga yang sudah diolah menjadi gula semut. 

"Klinik kemasan UMKM kita beri nama Djiidjei Baes yang diambil bahasa rejang yang berarti menjadi lebih baik. Maka harapan kami agar lebih baik lagi para usaha home industri dapat membuat kemasan yang lebih baik, " singkatnya.

Sumber: