Bupati Buka Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata Baru Manis

Bupati Buka Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata Baru Manis

DOK/RK : Bupati Rejang Lebong Drs. Syamsul Effendi, MM--

RK ONLINE - Kemarin (4/10), Bupati Rejang Lebong Drs. H. Syamsul Effendi, MM secara simbolis menyerahkan program Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Rp 100 juta per desa yang bersumber dari APBD Rejang Lebong. Sekaligus membuka pelatihan pengelolaan desa wisata yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Baru Manis Kecamatan Bermani Ulu.

"Saya sangat mengapresiasi langkah Pemdes Baru Manis yang menggelar pelatihan pengelolaan desa wisata yang bersumber dari program BKK yang digelontorkan Pemkab Rejang Lebong. Program ini dimanfaat dengan baik dalam pembangunan desa, " kata Syamsul.

Disisi lain Syamsul berharap BKK yang digelontorkan Pemkab Rejang Lebong bisa dimanfaatkan untuk mempercepat pembangunan dan mengembangkan masing-masing potensi yang dimiliki setiap desa.

"Saya berharapa dana tersebut dapat dikelola dengan baik, tertib administrasi dan kembangkanlah potensi-potensi yang ada. Seperti wisata yang dikembangkan Desa Baru Manis ini nantinya bukan hanya dilirik oleh masyarakat Rejang Lebong saja. Melainkan juga bisa menarik perhatian pengunjung dari luar Rejang Lebong, " singkatnya. 

 

BACA JUGA:2023, Dispar Fokus Bina Desa Wisata

 

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Rejang Lebong Suradi Rifai, SP,M.Si mengatakan pihaknya selalu memotivasi setiap desa agar bisa berdaya saing dan bisa membangkitkan ekonomi kreatif.  Sehingga dampaknya bisa meningkatkan ekonomi masyarakat di desa.

"Sebanyak 37 peserta dari berbagai lembaga dan unsur masyarakat yang diikut sertakan dalam pelatihan pengelolaan desa wisata Baru Manis. Mulai dari tokoh pemuda, pengurus karang taruna dan pelaku usaha ekonomi kreatif dibidang pengembangan potensi wisata, " singkatnya.

Sumber: