Bantuan Rp 2 Miliar Disalurkan Dispertan Hanya Untuk 4 Kecamatan

Bantuan Rp 2 Miliar Disalurkan Dispertan Hanya Untuk 4 Kecamatan

Motor roda 3 salah satu realisasi dari bantuan Rp 2 miliar Dispertan Kabupaten Kepahiang 2022--

RK ONLINE - Penyaluran bantuan senilai Rp 2 miliar di Dispertan Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu, ternyata tidak disalurkan secara merata. 

 

Sebab dari 8 kecamatan yang ada di Kabupaten Kepahiang, bantuan berupa bibit bawang, cabe dan buah-buahan ini hanya direalisasikan untuk 4 kecamatan saja. Yakni Kecamatan Kabawetan, Bermani Ilir, Ujan Mas dan Kecamatan Merigi. Sedangkan untuk Kecamatan Kepahiang, Tebat Karai, Seberang Musi dan Muara Kemumu hanya 'gigit jari'

BACA JUGA:Dorong Percepatan Sertifikasi Tanah Wakaf

Dikonfirmasi terkait penyaluran bantuan ini Kabid Hortikultura Dispertan Kabupaten Kepahiang, Budi SP tak menapiknya. Bahkan dirinya mengklaim jika hal ini terjadi, sebagai langkah untuk mengantisipasi terulangnya gagal panen seperti yang terjadi pada tahun sebelumnya. 

 

"Kita sudah survey mana lokasi yang cocok untuk ditanam sayuran dan mana pula lokasi yang cocok untuk ditanam buah - buahan. Ini dilakukan untuk antisipasi gagal panen dan membuat bantuan komoditi yang diserahkan dapat berkembang," ujar Budi.

BACA JUGA:Ditegur Tidak Pakai Helm, Remaja Ini Nekat Ancam Petugas Dengan Parang

Budi memaparkan kalau bantuan senilai Rp 2 miliar ini, mereka terima untuk membiayai kegiatan pengembangan kawasan dan UMKM di Kabupaten Kepahiang. Secara rinci Budi mengatakan jika ada 3 kategori pekerjaan yang diakomodir melalui dana segar ini. Yakni anggaran kawasan sayuran STO sekitar Rp 900 juta, kawasan buah sekitar Rp 600 juta dan anggaran untuk UMKM sekitar Rp 400 juta.

 

"Dari kategori tersebut ada 3 komoditi kawasan buah dan kawasan sayuran juga 3 komoditi. Sementara sisanya digunakan untuk biaya operasional," paparnya. 

BACA JUGA:Akibat Bencana, 12 Infrastruktur Rusak Belum Diperbaiki

Terkait bantuan UMKM menurut Budi adalah bantuan anggaran UMKM Hortikultura pascapanen dan pengolahan komoditi bawang. Diantaranya bantuan 2 unit kendaraan roda 3. Selebihnya dicairkan untuk bantuan bangunan serta alat - alat pengolahan.

 

Sumber: