Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu

--

DPK Provinsi Bengkulu memberikan pembinaan terhadap seluruh perpustakaan yang ada di kabupaten/kota dalam wilayah Provinsi Bengkulu. Melalui pembinaan ini, tenaga pengelola perpustakaan juga mendapatkan pembinaan berupa sosialisasi, Bimtek yang dilaksanakan langsung di masing - masing kabupaten/kota.

DPK saat menggelar sosialisasi pembinaan perpustakaan dan tenaga perpustakaan tingkat kabupaten/kota

 

11. Kegiatan Pengolahan Bahan Pustaka

Perpustakaan Provinsi melaksanakan kegiatan rutin pengolahan bahan pustaka. Hal ini dilakukan dalam rangka menyediakan koleksi siap pakai bagi pengunjung atau masyarakat. Tidak hanya lengkap, DPK Provinsi Bengkulu juga memastikan bahan pustaka selalu diperbaharui.

Petugas perpustakaan saat merapikan dan menyiapkan bahan bacaan

 

12. Kegiatan Pelestarian Bahan Pustaka

DPK Provinsi Bengkulu melestarikan bahan pustaka. Kegiatan ini dilakukan untuk menjaga bahan pustaka dari kerusakan dan penyusutan yang disebabkan berbagai faktor. Kegiatan ini juga dilakukan dengan tujuan menyelamatkan bahan pustaka yang bernilai langka. Sehingga dilaksanakan kegiatan pelestarian bahan pustaka yang dilakukan dengan teknis tertentu oleh pustakawan yang ahli dan terlatih pada bidangnya.

Petugas perpustakaan saat memilah bahan bacaan yang rusak untuk diperbaiki

 

13. Kegiatan Bantuan Perpustakaan Desa/Kelurahan

Dalam upaya meningkatkan budaya gemar membaca di seluruh lapisan masyarakat dan memaksimalkan program 1 desa/kelurahan 1 perpustakaan, DPK Provinsi Bengkulu bekerja sama dengan Perpustakaan Nasional (Perpusnas). Kerja sama ini berbuah pemberian bantuan kepada desa/kelurahan yang terdiri dari tiga rangkaian. Mulai dari pendidikan dan pelatihan pengelola perpustakaan desa/kelurahan, bantuan rak buku dan bantuan buku untuk perpustakaan desa/kelurahan.

Kunjungan DPK provinsi Bengkulu ke salah satu desa di Bengkulu Tengah

 

Sumber: