Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu

--

3. Layanan Anggota Perpustakaan Gratis

Anggota perpustakaan gratis merupakan layanan yang diberikan bagi pengunjung baru dan belum terdaftar sebagai anggota perpustakaan. Tanpa pungutan biaya, layanan registrasi dan kartu keanggotaan sebagai anggota perpustakaan ini, diberikan dengan cuma-cuma. Dengan layanan ini juga anggota perpustakaan yang sudah teregistrasi, dapat menikmati layanan yang ada di perpustakaan dengan gratis.

Pengunjung perpustakaan saat mendaftarkan diri sebagai anggota di DPK Provinsi Bengkulu

 

4. Layanan Perpustakaan Keliling

Tidak hanya pelayanan di tempat, DPK Provinsi Bengkulu juga memiliki program Perpustakaan keliling. Dengan armada  mobil yang membawa berbagai macam koleksi buku dan literasi, layanan ini ditujukan untuk menjangkau daerah yang masih terbatas dalam mengakses bahan pustaka. Terkhusus pelayanan bagi sekolah, desa dan kelurahan yang belum memiliki perpustakaan. Dengan program ini, DPK juga menjangkau sejumlah objek wisata untuk masyarakat yang ingin bersantai sambil berlitersi.

Aktivitas perpustakaan keliling

 

5. Layanan Deposit

Layanan ini berupa penyediaan koleksi-koleksi deposit yang lengkap. Baik mengenai seni dan budaya lokal hingga hasil penelitian maupun koleksi langka yang dapat dikumpulkan oleh DPK Provinsi Bengkulu.

 Buku-buku koleksi literasi DPK Provinsi Bengkulu

 

6. Layanan E-Perpus/Perpustakaan Digital

Perpustakaan Elektronik (E-Perpus) adalah layanan yang dapat diakses dari jarak jauh. Tanpa harus datang langsung ke perpustakaan DPK Provinsi Bengkulu, masyarakat tetap dapat memperoleh layanan perpustakaan secara online. Sebab dengan layanan ini, DPK Provinsi Bengkulu sudah menyediakan berbagai macam literasi yang lengkap. Dengan jaringan internet, layanan ini dapat diakses kapanpun dan dimanapun sepanjang 24 jam.

Layanan E-Perpus dalam inovasi aplikasi APO BUEK

Sumber: