Warga Keluhkan LPJU di Sepanjang Jalan Kuterjo Mati

Warga Keluhkan LPJU di Sepanjang Jalan Kuterjo Mati

DOK/RK : SAMPAI : Warga desa sampai keluhan terkait lampu penerangan jalan yang sudah tidak menyala.--

RK ONLINE - Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) mati di sepanjang jalan Desa Kuterjo membuat warga setempat geram. Pasalnya, LPJU tidak berfungsi sangat membahayakan pengendara khususnya pada malam hari. Apalagi ramainya kendaraan setiap saat di jalan tersebut. Ini disampaikan Iing Sang Azis warga Desa Kuterjo di acara reses Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Edwar Samsi, S.Ip, MM, Kamis (21/7) di Balai Desa Taba Tebelet. 

Disampaikan Aziz, matinya LPJU tersebut sudah lama terjadi. "Akibatnya jalan menjadi gelap saat malam hari, penerapan hanya berasal dari lampu rumah warga. Kami mempertanyakan peran pemerintah, terkait perawatan LPJU. Karena ini menyangkut kebutuhan masyarakat, khawatir membahayakan pengendara," jelas Azis.

Menanggapinya, Edwar Samsi menyampaikan jika terkait dengan aspirasi masyarakat tersebut bisa saja ditindaklanjuti. Hanya saja, ada beberapa kewenangan yang seharusnya menjadi kewenangan pemerintah daerah, seperti LPJU sepanjang jalan Desa Kuterjo tersebut. Ia pun menyoroti, tidak hanya sepanjang jalan desa itu, namun di Kecamatan Ujan Mas misalnya, lampu penerangan jalan umum malah menyala saat disiang hari saja, sementara pada malam hari padam. Menurut dia, APBD setiap tahunnya pasti mengalokasikan anggaran pemeliharaan PLJU, tinggal Pemkab menindaklanjutinya dengan mengintruksikan instansi terkait untuk memperbaikinya.

"Sejumlah aspirasi yang ranahnya adalah kewenangan daerah tetap akan kami sampaikan dan tindaklanjuti, seperti pada saat Musrenbangkab. Harapannya dapat mengakomodir usulan masyarakat, salah satunya terkait dengan perbaikan lampu penerangan jalan," tutup Edwar. (rfm)

Sumber: