Sekitar 2.000 Gempa Bumi Terjadi Dalam 3 Tahun Terakhir, BMKG Kepahiang: Didominasi Megathrust Sumatera!

Sekitar 2.000 Gempa Bumi Terjadi Dalam 3 Tahun Terakhir, BMKG Kepahiang: Didominasi Megathrust Sumatera!

Sekitar 2.000 Gempa Bumi Terjadi Dalam 3 Tahun Terakhir, BMKG Kepahiang: Didominasi Megathrust Sumatera!--Dok/Net

Radarkepahiang.id - BMKG Kelas III Stasiun Geofisika Kepahiang menyebutkan bahwa sepanjang tahun 2021 - 2024, atau selama 3 tahun terakhir, tercatat sudah terjadi sekitar 2.000 kali gempa bumi di wilayah Bengkulu dan sekitarnya.

 

Menurut Pengamat Meteorologi dan Geofisika, Milzam Wafiazizi, S.Tr, ribuan gempa bumi yang terjadi 3 tahun terakhir itu, didominasi akibat adanya aktivitas di zona megathrust Sumatera.

 

"Total sudah ada sekitar 2.000 peristiwa gempa bumi di Bengkulu dan sekitarnya, hal ini memang didominasi akibat adanya aktivitas di zona megathrust Sumatera," ujar Milzam, Selasa 20 Agustus 2024.

BACA JUGA:Administrasi Lengkap, Dana Hibah BNPB Tahun 2024 Masih Belum Jelas

BACA JUGA:Sekda Kepahiang Beri Instruksi Kepsek Terkait Larangan Pelajar Membawa Kendaraan

Menurut Milzam, Bengkulu yang berada di kawasan yang berbatasan langsung dengan lempeng Indo-Australia, Barat Daya di Pulau Sumatera. Kondisi ini membuat Bengkulu menjadi salah satu wilayah yang memang rawan terjadi gempa bumi.

 

"Karena kita ini berada di kawasan berbatasan langsung dengan lempeng Indo-Australia. Hal ini membuat Bengkulu menjadi kawasan rawan gempa bumi," lanjutnya.

 

Sekedar mengulas kembali bahwa, BMKG Kelas III Stasiun Geofisika Kepahiang menginbau masyarakat untuk tidak panik terkait isu gempa megathrust yang mengancam masyarakat.

BACA JUGA:Disperkop UKM Kepahiang Gagal Dapat DAK Rp 75 Miliar, Ini Penyebabnya!

BACA JUGA:Kabag Pemerintahan Pastikan Tahun Ini Ada Pencairan Dana Kelurahan 2024!

Sumber: