Program Nikah Alep, Percepatan Penerbitan Dokumen Kependudukan Catin

Program Nikah Alep, Percepatan Penerbitan Dokumen Kependudukan Catin

Output dari program Nikah Alep inovasi Kemenag Kepahiang berhasil lakukan percepatan administrasi Catin. --Radarkepahiang.id

Radarkepahiang.id - Melalui program Nikah Alep, Kemenag Kepahiang terus berinovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Salah satu inovasi terbaru adalah program Nikah Alep yang bertujuan untuk percepatan penerbitan dokumen kependudukan Calon Pengantin atau Catin.

 

Inovasi Kemenag Kepahiang berupa program Nikah Alep ini, merupakan program kolaborasi antara Kemenag Kepahiang dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil). 

BACA JUGA:Petani Kopi Sumringah, Harga Kopi Dunia Diprediksi Tetap Mahal dan Naik Terus Hingga Akhir Tahun

BACA JUGA:Kopi Indonesia Digemari, Ekspor Kopi ke Mesir Diprediksi Bakal Terus Meningkat!

Program ini bertujuan untuk menyederhanakan dan mempercepat proses administrasi pernikahan Catin. Sehingga Catin tidak perlu lagi repot mengurus berbagai dokumen di tempat yang berbeda-beda. Dengan adanya program Nikah Alep, Catin cukup datang ke KUA dan melengkapi persyaratan yang dibutuhkan. 

 

"Setelah akad nikah selesai, pasangan pengantin baru akan langsung mendapatkan 5 administrasi lengkap. Yaitu buku nikah, KTP baru, Kartu Keluarga (KK) baru dan KK kedua orang tua yang sudah diperbaharui," terang Kakan Kemenag Kepahiang, Drs. Albahri, M.Si melalui Duta Inspiratif Kemenag RI, Desy Rusera Dwi Sartika, SH, MH,I.

BACA JUGA:Wabup Kepahiang Instruksikan OPD Jemput Dana Pusat!

BACA JUGA:Tahun 2024 Tanpa Bedah Rumah, PUPR Kepahiang Pilih Program Kolaborasi Untuk 3 Desa, Ini Daftarnya!

Dijelaskan Dessy jika program Nikah Alep ini, merupakan upaya dari Kemenag Kepahiang dalam memberikan kemudahan dan percepatan layanan. Selain itu Desy juga gencar melakukan sosialisasi baik itu internal maupun eksternal kepada Catin dalam kegiatan Binwin (Bimbingan Perkawinan),

 

"Selain bekerja sama dengan pihak Dukcapil, Kemenag Kepahiang memiliki program sosialisasi tersendiri baik itu kepada internal maupun eksternal. Sehingga program ini dapat sampai langsung kepada masyarakat," ujar Dessy.

BACA JUGA:Dump Truk Terguling, Jalan Lintas Kecamatan Seberang Musi Terdampak

Sumber: