Berkah Ramadhan, Amalan Sunnah Ini Paling Mujarab Saat Malam Lailatul Qadar

Berkah Ramadhan, Amalan Sunnah Ini Paling Mujarab Saat Malam Lailatul Qadar

Berkah Ramadhan, Amalan Sunnah Ini Paling Mujarab Saat Malam Lailatul Qadar--Radarkepahiang.id

Lailatul Qadar merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa oleh kerana itu setiap Muslim boleh membaca doa apapun untuk kebaikan dunia dan akhiratnya.

Abu Hurairah meriwayatkan bahawa Rasulullah (Nabi Muhammad) bersabda:

BACA JUGA:Bikin Mudik Tidak Asik, Begini Tips Gampang Mengatasi Mabuk Perjalanan Menggunakan Kendaraan

"Siapa yang melakukan qiamullail pada Ramadhan kerana keimanan dan mengharapkan pahala akan diampunkan dosa-dosanya yang lalu," HR Bukhari dan Muslim

 

4. Sholat berjemaah

 

Sholat berjamaah pada malam Lailatul Qadar merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam, sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah SAW, Imam Syafi'i dalam kitab Latha-if Al-Ma'arif menyatakan bahwa orang yang menghadiri sholat Isya dan Subuh berjemaah pada malam Lailatul Qadar telah menghidupkan malam tersebut dengan baik.

 

Pernyataan Imam Syafi'i di atas berakar dari sabda Rasulullah SAW yang diceritakan oleh Utsman bin Affan RA, Rasulullah SAW bersabda yang artinya: "Siapa yang menghadiri sholat Isya berjemaah, maka baginya pahala salat separuh malam. Siapa yang melaksanakan sholat Isya dan Subuh berjemaah, maka baginya pahala sholat semalam penuh." (HR Muslim dan Tirmidzi).

 

5. Membaca sayyidul istighfar

 

"Hai Tuhanku, Engkau Tuhanku. Tiada tuhan yang disembah selain Engkau. Engkau yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku berada dalam perintah iman sesuai perjanjian-Mu sebatas kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang kuperbuat. Kepada-Mu, aku mengakui segala nikmat-Mu padaku. Aku mengakui dosaku. Maka itu ampunilah dosaku. Sungguh tiada yang mengampuni dosa selain Engkau," (HR Bukhari).

 

Sumber: