Amalan 10 Hari Penghujung Puasa, Begini Tata Cara Shalat Lailatul Qadar

Amalan 10 Hari Penghujung Puasa, Begini Tata Cara Shalat Lailatul Qadar

Amalan 10 Hari Penghujung Puasa, Begini Tata Cara Shalat Lailatul Qadar--Dok/Net

Amalan 10 Hari Penghujung Puasa, Begini Tata Cara Shalat Lailatul Qadar

RK ONLINE - Lailatul Qadar merupakan malam istimewa di bulan suci ramadhan ini. Malam yang disetarakan bagaikan malam 1.000 bulan ini, menjadi incaran seluruh ummat muslim di dunia. Bagaimana tidak, ada jutaan kebaikan yang terkandung dalam Malam Lailatul Qadar, sehingga siapapun pasti menginginkannya.

Mengerjakan sholat pada malam Lailatul Qadar merupakan salah satu amalan yang dianjurkan. Mengutip dari laman NU Online, malam Lailatul Qadar adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan. Lailatul Qadar sendiri merupakan malam diturunkannya AL-Quran.

BACA JUGA:Khusus Untuk Internet Rumahan, Modem Terbaru Huawei dan Telkomsel Orbit Star H2 Resmi Diluncurkan

"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar. (Q.S. al-Qadr [97]: 1-5)

Malam Lailatul Qadar memiliki keutamaan yang luar biasa sehingga umat Islam dianjurkan untuk mengejar kemuliaannya dengan berbagai amalan dan ibadah. Salah satu ibadah yang dianjurkan adalah mengerjakan sholat Lailatul Qadar.

Anjuran mengenai sholat Lailatul Qadar ini terdapat pada kitab nasiha Durratun Nashin fil Wa'zhi wal Irsyad karangan Syekh Utsman Al-Khaubawi. Shalat ini termasuk ke dalam sholat sunah.

BACA JUGA:Segera Dapatkan UX8406, Laptop Revolusioner Zenbook DUO yang Dirilis Asus di Indonesia

Dalam kitab tersebut diterangkan mengenai shalat sunah Lailatul Qadar . Shalat ini dianjurkan untuk dilakukan karena memiliki banyak keutamaan.

Syekh Utsman menyebutkan, orang yang melaksanakan sholat ini akan diampuni dosa-dosanya dan dosa kedua orang tuanya. Selain itu juga akan dibangunkan istana, pepohonan dan sungai di surga kelak.

Dalam kitab Durratun Nasihin disebutkan bahwa sholat sunah Lailatul Qadar dilakukan sebanyak 2 rakaat seperti pada umumnya. Namun bisa juga dilakukan 4 hingga 12 rakaat.

BACA JUGA:Fokus Sekolah Kedinasan, Tahap Awal Pendaftaran CASN 2024 Dibuka Pemerintah April Mendatang

Pada masing-masing rakaatnya dianjurkan membaca surat Al-Ikhlas sebanyak 7 kali setelah membaca surat Al-Fatihah. Selanjutnya setelah salam, dianjurkan membaca istighfar sebanyak 70 kali.

 

Sumber: