7 Fakta Unik Ramadhan, Mulai dari Dentuman Meriam Hingga Puasa Selama 20 Jam Dalam Sehari

7 Fakta Unik Ramadhan, Mulai dari Dentuman Meriam Hingga Puasa Selama 20 Jam Dalam Sehari

Sederet fakta unik ramadhan di beberapa negara termasuk Indonesia.--Radarkepahiang.id

 

- Sejuta Lampu Fanus

Sudah menjadi kebiasaan hingga masuk jadi salah satu fakta unik ramadhan, umat Islam di Kairo, Mesir selalu menyambut bulan suci ramadhan dengan memegang lampu Fanus. Lampu Fanus sendiri, merupakan salah satu lampu tradisional Kairo yang dipasang oleh masyarakat dirumah mereka. 

 

Kebiasaan memasang lampu ini, sudah menjadi tradisi dan sudah berlangsung sejak Dinasti Fattimiyah. Tidak heran orang-orang yang datang dan berkunjung ke Kairo saat menyambut Ramadhan, sering kali takjub dan terpesona dengan pemandangan yang indah tersebut.

 

- Makan Dorayaki dan Gorengan

Sama sepertoi Indonesia, umat Islam di negara Jepang juga mempunyai kebiasaan makan makanan yang manis dan gorengan saat berbuka puasa. Dari sekian banyak makanan yang ada, Dorayaki merupakan salah satu makanan favorit yang menjadi menu buka puasa masyarakat Islam di Jepang.

BACA JUGA:Hasil Draw Liga Champions 2024, Jadi Ajang Reuni Untuk Xavi dan Enrique

Selain itu, mereka juga biasanya melakukan pembentukan Panitia Ramadhan yang tugasnya, menyusun kegiatan selama bulan suci ramadhan di Japan Islamic Centre. Hal ini juga menjadi bagian dari fakta unik ramadhan di dunia saat ini.

 

- Buka Puasa Dengan Dentuman Meriam

Selain adzan berkumandang, dentuman meriam juga menjadi salah satu pertanda bagi umat Islam di Arab Saudi ketika memasuki bulan suci ramadhan. Karena di Arab Saudi, terdapat tradisi yang juga menjadi fakta unik saat menyambut bulan suci ramadhan, yakni Meriam Ramadhan.

BACA JUGA:Niscaya Menghapus Seluruh Dosa, Ini 6 Keutamaan Malam Lailatul Qadr

Selain pertanda memasuki bulan suci ramadhan, Meriam Ramadhan juga digunakan penduduk setempat sebagai tanda berbuka puasa, tanda sahur, tanda waktu Imsak dan masuknya tanggal 1 Syawal. 

Sumber: