Bukan Hanya Makan Minum, Ketahuilah Ini Sederat Hal-Hal yang Dapat Membatalkan Puasa

Bukan Hanya Makan Minum, Ketahuilah Ini Sederat Hal-Hal yang Dapat Membatalkan Puasa

Bukan Hanya Makan Minum, Ketahuilah Ini Sederat Hal-Hal yang Dapat Membatalkan Puasa/--www.istockphoto.com

Bukan Hanya Makan Minum, Ketahuilah Ini Sederat Hal-Hal yang Dapat Membatalkan Puasa

RK ONLINE - Puasa Ramadhan adalah salah satu kewajiban penting bagi umat Islam di seluruh dunia. Namun, penting untuk memahami apa saja yang dapat membatalkan puasa agar ibadah tersebut tetap sah dan diterima oleh Allah SWT.

 

Selama berpuasa, umat Muslim diwajibkan menahan diri dari makan, minum, dan segala aktivitas yang dapat membatalkan puasa dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

BACA JUGA:Ini Pentingnya Memilih Makanan dan Minuman yang Tepat Selama Puasa Ramadhan

Berikut adalah sembilan hal yang dapat membatalkan puasa yang perlu dipahami:

 

- Makan dan Minum: Makan dan minum secara sengaja membatalkan puasa. Namun, jika dilakukan karena lupa atau tidak sengaja, puasa tidak batal.

- Muntah: Muntah secara sengaja membatalkan puasa. Namun, jika tidak disengaja, puasa tetap sah kecuali ada muntahan yang kembali masuk ke perut.

BACA JUGA:Sidang Isbat 1 Ramadhan 2024, Jadwal Puasa Ramadhan 1445 Hijriah Versi Pemerintah

- Haid dan Nifas: Wanita yang haid atau nifas tidak boleh berpuasa. Jika haid atau nifas terjadi di tengah puasa, puasa harus dibatalkan dan diganti.

- Mengeluarkan Mani: Mengeluarkan mani secara sengaja membatalkan puasa. Aktivitas seperti ciuman, masturbasi, atau konten sensual juga dapat merusak puasa.

 

- Berhubungan Badan: Berhubungan badan, baik dalam pernikahan atau di luar pernikahan (zina), membatalkan puasa dan menimbulkan dosa yang berat.

Sumber: