Ini Pentingnya Memilih Makanan dan Minuman yang Tepat Selama Puasa Ramadhan

Ini Pentingnya Memilih Makanan dan Minuman yang Tepat Selama Puasa Ramadhan

Ini Pentingnya Memilih Makanan dan Minuman yang Tepat Selama Puasa Ramadhan/--www.istockphoto.com

Ini Pentingnya Memilih Makanan dan Minuman yang Tepat Selama Puasa Ramadhan

RK ONLINE - Puasa Ramadhan merupakan momen sakral bagi umat Islam di seluruh dunia. Selain menjalankan ibadah, menjaga kesehatan tubuh juga menjadi perhatian penting, terutama dalam pemilihan makanan dan minuman. Salah satu pertanyaan umum yang muncul adalah apakah boleh minum kopi saat berbuka puasa?

 

Tidak Disarankan Minum Kopi Saat Berbuka Puasa

Minum kopi saat berbuka puasa ternyata kurang dianjurkan karena kopi mengandung senyawa seperti asam klorogenat dan kafein yang dapat berdampak negatif pada kesehatan.

BACA JUGA:Sidang Isbat 1 Ramadhan 2024, Jadwal Puasa Ramadhan 1445 Hijriah Versi Pemerintah

Gangguan Pencernaan: Kopi bisa memicu gangguan pada sistem pencernaan seperti nyeri perut, mulas, kembung, heartburn, dan meningkatkan produksi asam lambung yang berujung pada masalah pencernaan lainnya seperti diare.

 

Frekuensi Buang Air Kecil yang Tinggi: Konsumsi kopi saat berbuka puasa dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil yang bisa mengganggu ibadah shalat atau tarawih, dan meningkatkan risiko dehidrasi.

 

Susah Tidur atau Insomnia: Kafein dalam kopi bisa mengganggu tidur dan menyebabkan insomnia karena menghambat kerja adenosin di otak, membuat seseorang lebih fokus dan terjaga.

BACA JUGA:Muslim Wajib Baca, Ini 5 Keutamaan Berpuasa Ramadhan

Rekomendasi Konsumsi yang Sehat

Sebaiknya, hindari minum kopi secara langsung saat berbuka puasa. Mulailah dengan minum air putih terlebih dahulu, diikuti dengan makanan bergizi seimbang.

Sumber: