Salah Satunya Berpuasa, Ini Tips Menjaga Kesehatan Seperti Hidup Sehat Ala Rasulullah SAW

Salah Satunya Berpuasa, Ini Tips Menjaga Kesehatan Seperti Hidup Sehat Ala Rasulullah SAW

Salah Satunya Berpuasa, Ini Tips Menjaga Kesehatan Seperti Hidup Sehat Ala Rasulullah SAW--Dok/Net

Selain menjaga kebersihan tangan, Rasulullah S.A.W juga selalu menjaga kebersihan mulut dan gigi dengan cara menyikatnya dengan kayu siwak serta berkumur setiap wudhu.

3. Menjaga adab ketika makan dan minum

Dalam sebuah artikel tentang Hidup sehat ala Nabi Muhammad S.A.W, Rasulullah S.A.W juga digambarkan sangat menjaga adabnya ketika makan dan minum.

BACA JUGA:THR PNS 2024 Cair Tanggal 31 Maret atau 1 April, Menkeu Pastikan Bonus Tahunan ASN Cair 100 Persen

Diantaranya adalah dengan selalu membaca doa sebelum dan sesudah makan serta makan dengan menggunakan tangan kanan. Beliau juga selalu makan dan minum dalam posisi duduk yang mana akan membuat makanan bisa tercerna secara maksimal sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

 

4. . Berpuasa

Umat muslim wajib menjalankan ibadah puasa di setiap bulan Ramadhan. Namun selain waktu tersebut ada hari lainnya yang disunnahkan untuk berpuasa seperti puasa Senin dan Kamis. Menurut penelitian, puasa memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh seperti untuk membersihkan zat dan racun yang menumpuk pada tubuh khususnya pada ginjal, saluran pencernaan dan organ dalam tubuh lainnya.

 

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah S.A.W bersabda:

 

“Berpuasalah kamu, niscaya kamu akan sehat.” (HR. Ibn Sunni dalam ‘Amalul Yaum wal Lailah no. 193. Al-Hafizh Abu Thohir)

 

5. Olahraga

Rasulullah S.A.W mempunyai tubuh yang bugar dan sehat karena terbiasa melakukan olahraga setiap harinya. Beliau terbiasa berolahraga setiap pagi yaitu dengan berjalan kaki sambil menghirup udara segar di pagi hari. Selain olahraga tersebut, Rasulullah S.A.W juga gemar melakukan jenis olahraga lainnya seperti berkuda, menunggang unta, lari dan memanah

Sumber: