Salah Satunya Berpuasa, Ini Tips Menjaga Kesehatan Seperti Hidup Sehat Ala Rasulullah SAW

Salah Satunya Berpuasa, Ini Tips Menjaga Kesehatan Seperti Hidup Sehat Ala Rasulullah SAW

Salah Satunya Berpuasa, Ini Tips Menjaga Kesehatan Seperti Hidup Sehat Ala Rasulullah SAW--Dok/Net

Salah Satunya Berpuasa, Ini Tips Menjaga Kesehatan Seperti Hidup Sehat Ala Rasulullah SAW

RK ONLINE - Menjaga kesehatan tubuh adalah salah satu hal yang penting untuk diperhatikan setiap muslim. Dengan memiliki tubuh yang sehat maka akan membuatnya bisa melakukan berbagai aktivitas dengan baik, beribadah dengan khusyuk, mempunyai kesehatan jiwa dan pikiran yang stabil serta seimbang.

Baginda nabi Muhammad S.A.W juga mengajarkan betapa pentingnya menjaga kesehatan tubuh. Berikut ini ada beberapa tips hidup sehat ala Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari yang bisa kita contoh dengan mudah.

BACA JUGA:Motor Milik Pemulung Barang Rongsokan Dicurigai Hasil Curian, Polisi: Kami Selidiki!

1. Menjaga pola makan

Rasulullah S.A.W selalu mengkonsumsi makanan yang sehat, bergizi dan halal. Diriwayatkan setiap pagi beliau akan berupaya untuk mengkonsumsi 7 butir kurma ‘Ajwa yang menurut sebuah hadis berkhasiat untuk menghindarkannya dari racun atau sihir.

"Barang siapa yang memakan tujuh butir kurma Ajwah pada pagi hari, maka tidak akan mencelakainya racun dan sihir pada hari itu," (HR Bukhari dan Muslim)

BACA JUGA:Puasa Semakin Sehat, Ini Tips Minum Air Putih Untuk Kebutuhan Cairan Tubuh Saat Puasa

Rasulullah S.A.W juga secara teratur minum segelas air putih yang sudah diberi madu sebagai sarapan yang menurut penelitian sangat bagus untuk mencegah resiko penyakit kardiovaskular.

 

Rasulullah S.A.W selalu makan secukupnya dan menghindari segala sesuatu yang berlebihan. Beliau akan makan ketika merasa lapar dan berhenti makan sebelum dirinya merasa kenyang. Selain itu, beliau juga rutin berpuasa sunnah yang terbukti bisa membantu menstabilkan kadar hormon dalam tubuh, mengurangi resiko peradangan dan mencegah stress oksidatif dalam tubuh.

2. Menjaga kebersihan tubuh

Rasulullah S.A.W sangat memperhatikan kebersihan tubuhnya sehingga kesehatannya pun terjaga dengan baik. Contohnya adalah selalu menyempurnakan wudhunya dan terbiasa mencuci tangan dengan benar hingga sela-sela jarinya sehingga bersih optimal. Hal tersebut menjadikan beliau selalu sehat dan tak pernah mengalami masalah pencernaan meski selalu makan dengan menggunakan tangan.

BACA JUGA:Tidak Ditentukan, Desa Bebas Menganggarkan Dana Pemilihan BPD Melalui DD ADD

Sumber: