Apakah Wajib Mandi Keramas Sebelum Puasa Ramadan, Ini Tata Caranya?

Apakah Wajib Mandi Keramas Sebelum Puasa Ramadan, Ini Tata Caranya?

Apakah Wajib Mandi Keramas Sebelum Puasa Ramadan, Ini Tata Caranya?/--www.istockphoto.com

Apakah Wajib Mandi Keramas Sebelum Puasa Ramadan, Ini Tata Caranya?

RK ONLINE - Hari ini, sebagian besar umat Islam di Indonesia mempersiapkan diri untuk menyambut bulan suci Ramadan dengan mandi keramas. Namun, apakah mandi keramas sebelum puasa Ramadan ini benar-benar wajib dilakukan? Mari kita bahas lebih lanjut.

 

Apakah Wajib Mandi Keramas Sebelum Puasa Ramadan?

Menurut informasi yang kami dapatkan, hukum mandi keramas sebelum puasa Ramadan sebenarnya tidak diwajibkan. Hal ini karena tidak ada hadis yang secara khusus menjelaskan kewajiban tersebut dalam agama Islam. Mandi wajib dalam Islam hanya diwajibkan untuk mensucikan diri setelah seseorang selesai haid atau setelah berhubungan seksual dan mengeluarkan air mani.

BACA JUGA:Momen Keberkahan dan Amalan-Amalan Dahsyat yang Dianjurkan Saat Bulan Ramadhan

Berdasarkan buku Terjemah Kitab Fatawa Ramadhan, mandi wajib merupakan syarat sahnya salat, bukan puasa. Oleh karena itu, belum mandi wajib tidak menghalangi sahnya puasa Ramadan. Namun demikian, jika seseorang berada dalam keadaan junub, mandi junub tetap harus dilakukan sebelum melaksanakan salat.

 

Apakah Mandi Wajib Harus Keramas?

Ketika melakukan mandi wajib atau mandi junub, tidak diwajibkan untuk keramas menggunakan sampo. Menurut informasi resmi dari laman kemenag.go.id, keramas menggunakan sampo bukanlah bagian dari rukun mandi wajib.

 

Rukun mandi wajib terdiri dari dua hal, yaitu niat dan mengguyur seluruh bagian tubuh bagian luar, termasuk rambut dan bulu-bulunya. Dalam mandi wajib atau mandi junub, penting untuk memastikan bahwa air mencapai bagian kulit dan pangkal rambut atau bulu-bulu tubuh, sehingga tubuh benar-benar bersih dari najis.

BACA JUGA:Ziarah Kubur Sebelum Berpuasa, Tradisi Keagamaan yang Paling Banyak Ditekuni Umat Islam di IndonesiaKeberkahan

Tata Cara Mandi Wajib atau Mandi Junub Sesuai Sunah

Sumber: