Atasi Masalah Tenaga Honorer, Pemerintah Buka Rekrutmen CPNS dan PPPK 2024

Atasi Masalah Tenaga Honorer, Pemerintah Buka Rekrutmen CPNS dan PPPK 2024

Atasi Masalah Tenaga Honorer, Pemerintah Buka Rekrutmen CPNS dan PPPK 2024/--istimewah

Atasi Masalah Tenaga Honorer, Pemerintah Buka Rekrutmen CPNS dan PPPK 2024

RK ONLINE - Pemerintah mengumumkan rencananya untuk membuka rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2024, di tengah banyaknya tenaga honorer yang masih menunggu kejelasan nasib mereka.

 

Sepanjang tahun 2024, pemerintah akan membuka seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) yang meliputi CPNS dan PPPK. Total ada 2,3 juta formasi CPNS dan PPPK 2024 yang tersedia bagi tenaga honorer dan lulusan baru atau fresh graduate.

BACA JUGA:Pendaftaran CPNS 2024, Begini Cara Mudah Membuat Akun SSCASN

Keputusan pemerintah untuk membuka rekrutmen CPNS dan PPPK ini menimbulkan pertanyaan dari publik, terutama dari tenaga honorer yang masih menantikan kejelasan nasib mereka. Banyak di antara mereka, seperti guru tingkat SD hingga SMA, yang mengharapkan kesempatan untuk menjadi CPNS atau PPPK.

 

Sebagai contoh, terdapat sekitar 62 ribu pelamar PPPK Guru yang berstatus prioritas satu (P1), yang belum mendapatkan penempatan kerja meskipun telah lulus seleksi pada tahun 2021. Dari jumlah tersebut, sekitar 50 ribu pelamar dapat terakomodasi dalam pengadaan PPPK Guru tahun 2023, namun sekitar 12.276 pelamar P1 berpotensi tidak mendapatkan penempatan pada tahun tersebut.

BACA JUGA:Info Terbaru Pendaftaran CPNS dan PPPK 2024, Ditunda Hingga April!

Dalam keterangan resminya, Anggota Komisi II DPR RI Mardani Ali Sera menjelaskan bahwa ada dua proses berbeda yang dilakukan pemerintah dalam perekrutan ASN, baik CPNS maupun PPPK. Tenaga honorer wajib mengikuti tes meskipun mereka diprioritaskan menjadi ASN. Namun, sistem penilaian untuk tenaga honorer berbeda dengan pelamar umum untuk seleksi CPNS dan PPPK.

 

Mardani menjelaskan bahwa sistem penilaian untuk tenaga honorer menggunakan peringkat terbaik, yang berbeda dengan standar kelulusan pelamar umum yang menggunakan nilai ambang batas atau passing grade. Sistem ini diharapkan dapat menentukan tenaga honorer yang diangkat sebagai PPPK full time dan part time.

BACA JUGA:Seleksi CPNS dan PPPK 2024, Peluang Besar Tenaga Honorer Diangkat Jadi ASN

Alasan pemerintah membuka rekrutmen CPNS dan PPPK tahun 2024 adalah karena banyaknya jabatan ASN yang kosong akibat pensiun. Dengan demikian, posisi kosong ini perlu segera diisi. Separuh dari total 2,3 juta formasi CASN 2024 akan diisi oleh tenaga honorer yang lulus tes, sebagai langkah dalam menyelesaikan penataan tenaga honorer pada Desember mendatang.

Sumber: