Tips Menurunkan Berat Badan Saat Puasa Ramadhan Menurut Ahli Gizi

Tips Menurunkan Berat Badan Saat Puasa Ramadhan Menurut Ahli Gizi

Tips Menurunkan Berat Badan Saat Puasa Ramadhan Menurut Ahli Gizi/--www.istockphoto.com

Tips Menurunkan Berat Badan Saat Puasa Ramadhan Menurut Ahli Gizi

RK ONLINE - Puasa Ramadhan tidak hanya menjadi waktu untuk ibadah, tetapi juga dapat membantu menurunkan berat badan jika dilakukan dengan disiplin dalam mengatur pola makan dan rutin berolahraga.

 

Menurut Dr. Gaga Irawan Nugraha, seorang dokter spesialis gizi klinik, ada beberapa cara efektif untuk menurunkan berat badan saat menjalani puasa Ramadhan.

 

"Pertama, berbukalah dengan buah berair. Makan buah berair sebagai pembuka, lalu minum air dulu, shalat maghrib dulu, baru makan nasi lengkap," papar Dr. Gaga dalam sebuah diskusi Hari Obesitas Dunia di Jakarta.

BACA JUGA:Begini Penanganan Obesitas yang Komprehensif Menurut dr Gaga Irawan

Nasi lengkap, yang disajikan dengan berbagai macam lauk berprotein hewani dan nabati, serta sayuran yang mengandung vitamin dan mineral, menjadi pilihan menu utama setelah berbuka.

 

Setelah berbuka, Dr. Gaga menyarankan untuk berhenti makan apa pun hingga waktu sahur tiba. Saat sahur, makanlah nasi lengkap lagi dan tambahkan buah berair sebagai pendamping.

 

Selain itu, penting untuk memastikan asupan cairan yang cukup selama puasa. Dr. Gaga merekomendasikan untuk minum air putih sebanyak dua liter selama berpuasa, dengan memperhatikan konsumsi air dari sahur hingga imsak.

BACA JUGA:Ahli Kesehatan Berbagi Tips Melatih Tubuh Agar Tidak Mudah Lelah, Yuk Dicoba!

Olahraga juga menjadi bagian penting dalam menurunkan berat badan selama puasa. Dr. Gaga menyarankan untuk melakukan olahraga ringan atau sedang seperti jogging, jalan kaki, bersepeda, atau aerobik ringan.

Sumber: