Pemindahan Pegawai Pemerintah ke IKN Mulai Dipersiapkan

Pemindahan Pegawai Pemerintah ke IKN Mulai Dipersiapkan

Pemindahan Pegawai Pemerintah ke IKN Mulai Dipersiapkan/--www.menpan.go.id

Pemindahan Pegawai Pemerintah ke IKN Mulai Dipersiapkan

RK ONLINE - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, tengah gencar mempersiapkan pemindahan Pegawai Pemerintah ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Rencana ini dijadwalkan dimulai pada bulan Juli 2024 mendatang.

 

Dalam pertemuan Rabu lalu 31 Januari 2024, Menteri Anas bersama Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno membahas persiapan pemindahan tersebut. Mereka membicarakan rencana pemindahan ASN dan aspek teknisnya seperti insentif dan lain-lain.

BACA JUGA:Makin Aman! Pemerintah Siapkan Tunjangan Khusus Untuk ASN Yang Pindah ke IKN

Menurut Menteri Anas, ada empat kriteria yang harus dipenuhi oleh ASN yang akan dipindahkan ke IKN:

- Memiliki literasi digital yang baik.

- Mampu melakukan multitasking.

- Memahami prinsip-prinsip IKN.

- Menerapkan nilai-nilai BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif).

 

Anas juga menekankan pentingnya persiapan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dengan kemampuan multitasking dan nilai-nilai BerAKHLAK yang adaptif dan kolaboratif.

BACA JUGA:BKN Umumkan Jenis Pelanggaran dan Sanksi Netralitas ASN Selama Pemilu 2024

Pemerintah saat ini juga sedang membahas pemberian tunjangan khusus (tunjangan pionir) bagi ASN yang menjadi pionir dalam pemindahan tersebut. Tunjangan ini tidak hanya sebagai tambahan tunjangan kinerja, tetapi juga sebagai bagian dari penghargaan total bagi ASN yang bekerja di IKN.

Sumber: