Apakah Tetap Berolahraga Menjadi Pilihan Terbaik Saat Tubuh Merasa Lelah?

Apakah Tetap Berolahraga Menjadi Pilihan Terbaik Saat Tubuh Merasa Lelah?

Apakah Tetap Berolahraga Menjadi Pilihan Terbaik Saat Tubuh Merasa Lelah?/--www.istockphoto.com

Apakah Tetap Berolahraga Menjadi Pilihan Terbaik Saat Tubuh Merasa Lelah?

RK ONLINE - Cuaca yang berubah-ubah belakangan ini membuat banyak dari kita merasa khawatir akan kondisi kesehatan tubuh. Salah satu cara yang sering disarankan untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan berolahraga. 

 

Namun, apakah tetap berolahraga menjadi pilihan terbaik saat tubuh merasa lelah? Ataukah istirahat adalah opsi yang lebih baik, meskipun berpotensi mengorbankan kebugaran tubuh? Mari kita kupas lebih lanjut.

BACA JUGA:Tips Hidup Sehat, Ternyata Ini Penyebab Gigi Nyilu dan Cara Mengatasinya

Dilansir dari Detikcom,Menurut dr. Wawan Budisusilo, seorang spesialis kedokteran olahraga dari RS Pondok Indah Bintaro Jaya, olahraga tetap merupakan bagian penting dari pola hidup aktif yang dapat meningkatkan imunitas tubuh

 

Respons tubuh terhadap olahraga, baik secara akut maupun kronis, dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh seseorang. Namun, penting untuk memperhatikan intensitas dan durasi olahraga.

 

Olahraga dengan intensitas sedang diketahui mampu merangsang berbagai parameter imunitas tubuh dan mengurangi risiko terinfeksi penyakit. 

BACA JUGA:Cara dan Tips Mudah Mengatasi Kelelahan dan Mengantuk Pagi Hari, Buktikan Sekarang!

Di sisi lain, olahraga dengan intensitas tinggi dapat memicu kelelahan yang berlebihan dan respons imunitas tubuh yang tidak diinginkan, seperti munculnya inflamasi atau radang pada jaringan otot.

 

Rekomendasi dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO) menjelaskan bahwa olahraga dengan intensitas sedang lebih efektif dalam mengurangi risiko infeksi, sedangkan olahraga terlalu intens dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap penyakit. Intensitas olahraga yang tepat adalah saat seseorang masih mampu berbicara walaupun terengah-engah.

Sumber: