Anies Baswedan Bandingkan Kinerja Kenaikan Gaji PNS Era Jokowi dengan SBY, Jokowi Jawab Begini!

Anies Baswedan Bandingkan Kinerja Kenaikan Gaji PNS Era Jokowi dengan SBY, Jokowi Jawab Begini!

Anies Baswedan Bandingkan Kinerja Kenaikan Gaji PNS Era Jokowi dengan SBY, Jokowi Jawab Begini!/--detik.net.id

Anies Baswedan Bandingkan Kinerja Kenaikan Gaji PNS Era Jokowi dengan SBY, Jokowi Jawab Begini!

RK ONLINE - Calon Presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, menyampaikan perbandingan terkait kenaikan gaji PNS di era Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam debat ke-3 Capres. Anies mengungkapkan perbedaan kenaikan gaji PNS antara era Jokowi dan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Hal ini terjadi pada Debat Ketiga Capres di Istora Senayan, Jakarta, pada Minggu 7 Januari 2024

BACA JUGA:Pembayaran Kenaikan Gaji PNS 2024 Ditunda, Segini Jumlah Terbesarnya!

Anies Baswedan menyoroti bahwa kenaikan gaji PNS era Jokowi jauh lebih kecil dibandingkan dengan periode Presiden SBY. Menanggapi kritik tersebut, Presiden Jokowi akhirnya memberikan tanggapannya terhadap penilaian tersebut kepada wartawan usai peresmian Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor di Gerbang Tol Limo Utama, Kota Depok, Jawa Barat, Senin 8 Januari 2024.

 

"Situasi fiskal kita situasi ekonomi kan berbeda-beda, kita memutuskan menaikkan atau tidak menaikkan itu semuanya pasti dengan pertimbangan-pertimbangan yang matang," ujar Jokowi.

BACA JUGA:Kenaikan Gaji PNS 8 Persen Mulai 1 Januari 2024, Pencairan Masih Menunggu Aturan!

Jokowi menjelaskan bahwa selama masa kepemimpinannya, situasi fiskal negara sedang tertekan karena dampak Covid-19 dan persoalan geopolitik. Oleh karena itu, keputusan untuk menaikkan gaji PNS, termasuk TNI, Polri dan Pensiunan, belum dapat dilakukan dalam kondisi tersebut.

 

Adapun kenaikan gaji PNS sebesar 8 persen dan pensiunan sebesar 12 persen tahun ini dilakukan setelah melalui pertimbangan dan kalkulasi yang matang. Jokowi juga menegaskan bahwa dalam kondisi fiskal yang tertekan oleh faktor eksternal, seperti Covid-19 dan ketegangan geopolitik, keputusan menaikkan gaji tidak bisa dilakukan.

BACA JUGA:Aturan Resmi Belum Diterbitkan, Kenaikan Gaji PNS Tahun 2024 Mulai Berlaku Januari

Anies Baswedan sebelumnya telah mengkritik jarangnya kenaikan gaji PNS di era Jokowi, yang menurutnya jauh kalah jika dibandingkan dengan era SBY. Dilansri dari JawaPos.com, kenaikan gaji PNS terakhir terjadi pada tahun 2019.

 

Yang berarti dalam lima tahun terakhir belum ada kenaikan gaji yang dilakukan. Pada saat itu, kenaikan gaji rata-rata ASN sekitar 5 persen, termasuk personel TNI dan Polri. Di era SBY, kenaikan gaji PNS sudah terjadi sebanyak sembilan kali.

Sumber: