Jarang Diketahui Orang, Ternyata Ini Tips Mudah Cegah Mobil Overheat

Jarang Diketahui Orang, Ternyata Ini Tips Mudah Cegah Mobil Overheat

Jarang Diketahui Orang, Ternyata Ini Tips Mudah Cegah Mobil Overheat/--www.freepik.com

Jarang Diketahui Orang, Ternyata Ini Tips Mudah Cegah Mobil Overheat

RK ONLINE - Ketika mengalami kemacetan parah, mobil dapat mengalami overheat yang merupakan kondisi ketika mesin terlalu panas melebihi batas normalnya. Beberapa penyebab overheat antara lain sirkulasi air radiator yang kurang lancar, tutup radiator yang tidak berfungsi, hingga melemahnya motor kipas yang mendinginkan radiator. Untuk mencegah overheat, ada beberapa tips sederhana yang bisa kamu ikuti:

 

1. Periksa Selang dan Tutup Radiator

Pastikan selang radiator diganti jika sudah mengeras dan tidak lentur saat ditekan. Periksa karet pada tutup radiator untuk memastikan air pendingin mesin keluar radiator dengan baik.

BACA JUGA:Cara Menjaga Kesehatan Mesin Mobil atau Motor Setelah Mengisi Air Radiator Menggunakan Air Biasa

2. Periksa Upper dan Lower Tank

Cek bagian atas (upper tank) dan bawah (lower tank) radiator, terutama yang terbuat dari plastik, untuk menghindari retakan yang bisa menyebabkan kebocoran air radiator.

 

3. Pastikan Kipas Pendingin Berfungsi Optimal

Kipas radiator harus berjalan dengan maksimal agar proses pendinginan berjalan dengan baik. Jika tidak, radiator bisa mudah panas dan menyebabkan overheat.

 

4. Kontrol Penggunaan Radiator

Pastikan air radiator berada dalam batas maksimal. Periksa sirkulasi air radiator dan gunakan air khusus radiator. Selalu periksa saat mesin dalam keadaan dingin, karena membuka tutup radiator saat mesin panas bisa berbahaya.

Sumber: