Fokus Tenaga Honorer dan Fresh Graduate, MenPANRB Mulai Rumuskan Rekrutmen PNS 2024

Fokus Tenaga Honorer dan Fresh Graduate, MenPANRB Mulai Rumuskan Rekrutmen PNS 2024

Fokus Tenaga Honorer dan Fresh Graduate, MenPANRB Mulai Rumuskan Rekrutmen PNS 2024/--kompas.com

 

"Pengadaan Calon ASN (CASN) 2024 akan memberikan prioritas pada tenaga non-ASN, termasuk guru honorer K2. Fresh graduate juga akan mendapatkan porsi yang signifikan," ungkap Anas.

 

Kebijakan pengadaan ASN pada tahun 2024 juga akan fokus pada pemenuhan kebutuhan pelayanan dasar, terutama guru dan tenaga kesehatan seperti dokter dan perawat.

BACA JUGA:Kembangkan Sektor Wisata, Pemerintah Bocorkan Informasi Kalau Ada Posisi Baru Dalam Seleksi CPNS 2024

Proyeksi kebutuhan ASN 2024 akan difokuskan pada instansi pusat, daerah, dan lulusan sekolah kedinasan, Anas juga menekankan bahwa salah satu fokus utama pengadaan CASN tahun 2024 adalah untuk meratakan jumlah guru di daerah 3T, yaitu daerah terdepan, terluar, dan tertinggal.

 

"Khususnya untuk daerah 3T, guru honorer akan memiliki peluang lebih besar untuk diangkat menjadi PPPK," jelasnya.

 

Anas juga telah melaporkan kepada Presiden Jokowi terkait penyelesaian tenaga non-ASN. Rekrutmen CASN 2024 akan menyasar sekitar 1,6 juta honorer yang masih membutuhkan pengakomodasian.

 

Proyeksi ini melibatkan sisa tenaga non-ASN, termasuk eks-THK2, dan rekrutmen yang telah berlangsung hingga 2023. Anas berharap adanya kebijakan dalam waktu dekat untuk menangani pengaturan tenaga non-ASN.

BACA JUGA:Menjadi Prioritas, Pemerintah Siap Rekrut Talenta Digital Melalui Perekrutan CPNS 2024

Anas telah menyampaikan beberapa alternatif solusi kepada Presiden Jokowi. Kebijakan rekrutmen pada tahun 2024 diharapkan dapat mengurangi dampak dari transformasi digital, Dalam rekrutmen ASN selanjutnya, pemerintah akan memberikan prioritas pada talenta-talenta digital dengan fokus menciptakan nilai tambah ekonomi.

 

Sumber: