Fokus Tenaga Honorer dan Fresh Graduate, MenPANRB Mulai Rumuskan Rekrutmen PNS 2024

Fokus Tenaga Honorer dan Fresh Graduate, MenPANRB Mulai Rumuskan Rekrutmen PNS 2024

Fokus Tenaga Honorer dan Fresh Graduate, MenPANRB Mulai Rumuskan Rekrutmen PNS 2024/--kompas.com

Fokus Tenaga Honorer dan Fresh Graduate, MenPANRB Mulai Rumuskan Rekrutmen PNS 2024

RK ONLINE - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Abdullah Azwar Anas, mengumumkan tengah dalam proses merumuskan rekrutmen Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk tahun 2024. Langkah ini bertujuan untuk memberdayakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang masuk dalam kategori fresh graduate atau lulusan baru pada tahun tersebut.

 

"Pada tahun 2024, kami sedang merumuskan berapa banyak fresh graduate yang akan direkrut, lebih dari 100 ribu pastinya," kata Anas.

BACA JUGA:Dompet PNS Semakin Tebal, Berikut Daftar Gaji PNS Terbaru 2024 Setelah Naik 8 Persen

Anas menjelaskan bahwa rekrutmen ini bertujuan untuk mengidentifikasi talenta khusus, terutama dalam bidang digital dan keamanan dunia maya (cyber security), serta untuk pengisian Ibu Kota Nusantara (IKN).

 

"Fresh graduate ini diperuntukkan bagi talenta digital dan cyber security, termasuk untuk mengisi posisi di IKN," tambahnya.

 

Sementara itu, terkait dengan pegawai honorer, Menpan RB juga tengah merencanakan penyelesaian untuk 1,6 juta pegawai honorer pada tahun 2024.

 

"Kami akan melakukan rekrutmen ASN pada tahun 2024 untuk menyelesaikan persoalan 2,3 juta pegawai honorer. Saat ini, tersisa 1,6 juta, dan setelah proses penyelesaian honorer, akan dipertimbangkan apakah posisi tersebut akan menjadi penuh waktu atau paruh waktu," jelasnya.

BACA JUGA:Pendaftaran CPNS 2024, Pemerintah Pastikan Peserta Usia 40 Tahun Masih Bisa Ikut Seleksi

Anas menegaskan bahwa seleksi PPPK 2024 mendatang akan tetap memberi prioritas pada guru honorer K2 dan non K-2, termasuk tenaga non-ASN. Selain itu, pemerintah juga akan membuka seleksi CPNS 2024 dengan kuota yang lebih besar, terutama untuk talenta-talenta digital dan para lulusan baru.

Sumber: