Menjadi Prioritas, Pemerintah Siap Rekrut Talenta Digital Melalui Perekrutan CPNS 2024

Menjadi Prioritas, Pemerintah Siap Rekrut Talenta Digital Melalui Perekrutan CPNS 2024

Menjadi Prioritas, Pemerintah Siap Rekrut Talenta Digital Melalui Perekrutan CPNS 2024/---www.freepik.com

Menjadi Prioritas, Pemerintah Siap Rekrut Talenta Digital Melalui Perekrutan CPNS 2024

RK ONLINE - Pada tahun 2024, pemerintah akan membuka peluang seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan fokus khusus pada talenta digital. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB), Abdullah Azwar Anas, menyampaikan bahwa pemerintah membutuhkan sejumlah besar calon aparatur sipil negara (CASN) fresh graduate untuk mengisi berbagai posisi.

 

Pernyataan ini disampaikan Anas dalam pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa 12 Desember 2023. Meski pemerintah masih menangani permasalahan tenaga non-ASN dan tenaga honorer sesuai dengan Undang-Undang No. 20/2023 tentang ASN, mereka tetap membuka peluang bagi talenta baru.

BACA JUGA:KemenPANRB Rilis Skema Baru Rekrutmen CPNS 2024, Apa Saja Skemanya?

"Kami melaporkan kebutuhan akan fresh graduate yang lebih besar, namun belum ada keputusan final. Kami sedang melakukan kajian untuk menentukan jumlah yang diperlukan, mulai dari dokter, guru, hingga talenta digital," ujar Anas. 

 

Anas juga menekankan bahwa kebijakan rekrutmen ASN tahun 2024 akan difokuskan pada pemenuhan kebutuhan tenaga pendidik dan kesehatan, terutama untuk instansi pusat, daerah, dan lulusan sekolah kedinasan. 

 

Pemerintah berfokus pada pemerataan guru di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal serta memberikan kesempatan bagi guru non-ASN yang telah berdedikasi di daerah 3T untuk menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

BACA JUGA:KemenPANRB Ungkap Seleksi CPNS 2024 Perbanyak Kuota Fresh Graduate, Berikut Informasi Selengkapnya!

Untuk mendukung rekrutmen ini, pemerintah menyoroti kebutuhan akan talenta digital yang relevan dengan tren keahlian digital tahun 2023. Beberapa keahlian digital yang penting dikuasai meliputi:

 

1. Coding

Sumber: