Daftar Lengkap Persyaratan dan Jadwal Pendaftaran Ujian UTBK SNBT 2024 Untuk Seleksi Mahasiswa Baru

Daftar Lengkap Persyaratan dan Jadwal Pendaftaran Ujian UTBK SNBT 2024 Untuk Seleksi Mahasiswa Baru

Daftar Lengkap Persyaratan dan Jadwal Pendaftaran Ujian UTBK SNBT 2024 Untuk Seleksi Mahasiswa Baru/---radarkepahiang.id

Daftar Lengkap Persyaratan dan Jadwal Pendaftaran Ujian UTBK SNBT 2024 Untuk Seleksi Mahasiswa Baru

RK ONLINE - Sejumlah siswa menghadapi pembatasan dalam mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2024, yang merupakan bagian dari Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024. Ketua tim penanggung jawab SNPMB, Prof Ganefri, memaparkan dua kategori siswa yang tidak memenuhi syarat untuk mendaftar UTBK SNBT 2024.

 

Menurut Prof Ganefri, pembatasan ini bertujuan untuk memastikan kuota seluruh jalur masuk terisi secara optimal. Pada tahun 2024, terdapat tiga jalur masuk perguruan tinggi negeri (PTN): Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), SNBT, dan jalur mandiri PTN serta Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

BACA JUGA:Pendaftaran SNBP 2024 Diumumkan Berikut Jadwal dan Ketentuan Pendaftarannya

"Dorongan utamanya adalah untuk mengurangi jumlah pendaftar yang telah lulus baik melalui SNBP, SNBT, maupun jalur mandiri, guna memberikan peluang yang lebih luas kepada masyarakat," ungkap Prof Ganefri dalam acara peluncuran SNPMB 2024 di saluran Youtube Kemendikbud.

 

Kategori Siswa yang Tidak Bisa Mendaftar UTBK SNBT 2024:

 

1. Siswa yang Telah Lulus pada Seleksi Sebelumnya

Peserta yang telah dinyatakan lulus melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tahun sebelumnya tidak diperbolehkan mendaftar SNBT 2024. Hal serupa juga berlaku bagi peserta yang telah sukses melalui SNBP 2023 dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022.

BACA JUGA:MUDAH, Begini Strategi Sukses Mendaftar SNBP 2024, Pasti Lolos!

"Kami berupaya memberikan kesempatan lebih banyak kepada masyarakat untuk mendaftar baik di SNBP maupun SNBT," tambah Prof Ganefri.

 

Sumber: