Google Drive Ubah Kebijakan Backup Chat WhatsApp di Android, Kuota Penyimpanan Tidak Lagi Gratis!

Google Drive Ubah Kebijakan Backup Chat WhatsApp di Android, Kuota Penyimpanan Tidak Lagi Gratis!

Google Drive Ubah Kebijakan Backup Chat WhatsApp di Android, Kuota Penyimpanan Tidak Lagi Gratis!/---freepik.com

Google Drive Ubah Kebijakan Backup Chat WhatsApp di Android, Kuota Penyimpanan Tidak Lagi Gratis!

RK ONLINE - Google mengumumkan perubahan kebijakan terkait backup chat WhatsApp di ponsel Android, khususnya terkait penggunaan ruang penyimpanan Google Drive.

Hingga saat ini, pengguna WhatsApp dapat menyimpan riwayat chat mereka di Google Drive tanpa menggunakan kuota penyimpanan, baik itu kuota gratisan Google cloud (15 GB) maupun kuota dari layanan berlangganan Google One (>100 GB).

 

Namun, melalui halaman Support, Google menginformasikan bahwa mulai akhir tahun 2023, backup chat WhatsApp di Android tidak lagi gratis dan akan mengonsumsi kuota penyimpanan Google Drive pengguna. 

 

Kebijakan baru ini, yang mirip dengan backup chat WhatsApp di iOS, akan diterapkan terlebih dahulu pada pengguna WhatsApp Beta mulai Desember 2023. Secara bertahap, kebijakan ini akan berlaku untuk seluruh pengguna WhatsApp di Android mulai awal tahun 2024.

BACA JUGA:WhatsApp Rilis Fitur Voice Chat Grup, Bisa Ngobrol Ramai-Ramai!

Dengan perubahan ini, pengguna yang melakukan backup chat ke Google Drive akan melihat penggunaan kuota penyimpanan awan (cloud) akun Google mereka meningkat. Jika chat yang di-backup berjumlah besar, maka ruang penyimpanan Google Drive pengguna dapat cepat terpakai.

 

Pengguna yang merasa membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan harus bersiap untuk membayar biaya langganan Google One per bulan. Harga berlangganan bervariasi, mulai dari Rp 26.900 per bulan untuk kapasitas 100 GB hingga opsi lain dengan kapasitas yang lebih besar.

 

WhatsApp saat ini masih menyediakan lima opsi pencadangan chat ke Google Drive, termasuk "Never" (tidak pernah), "only when I tap "Back up" (hanya ketika saya klik cadangkan), "daily" (harian), "weekly" (mingguan), dan "monthly" (bulanan).

BACA JUGA:9 Cara Mudah Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Dibuka, Gampang!

Sumber: