Tahapan Lengkap Setelah SKD CPNS 2023 Mulai Pengumuman Hasil Hingga Pelantikan

Tahapan Lengkap Setelah SKD CPNS 2023 Mulai Pengumuman Hasil Hingga Pelantikan

Tahapan Lengkap Setelah SKD CPNS 2023 Mulai Pengumuman Hasil Hingga Pelantikan/---ilustrasi

Tahapan Lengkap Setelah SKD CPNS 2023 Mulai Pengumuman Hasil Hingga Pelantikan

RK ONLINE - Bagi para peserta rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023 yang telah lolos administrasi dan mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), perjalanan seleksi belum berakhir. Berdasarkan surat edaran Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) No. 9386/B-KS.04.01/SD/E/2023, berikut adalah rangkaian tahapan selanjutnya yang perlu diperhatikan:

 

- Pengumuman Hasil SKD (Seleksi Kompetensi Dasar)

Setelah pelaksanaan tes SKD pada tanggal 1-4 November 2023, peserta dapat menantikan pengumuman hasil tes. Informasi ini sangat penting karena akan menunjukkan apakah peserta dinyatakan lolos atau tidak lolos ke tahap selanjutnya.

BACA JUGA:Memenuhi Passing Grade SKD CPNS 2023 Saja Tidak Cukup, Simak Syarat dan Nilai Tertingginya!

- Tes SKB (Seleksi Kompetensi Bidang)

Bagi peserta yang berhasil melewati SKD, tahap selanjutnya adalah tes SKB. Tes ini bertujuan untuk menguji kemampuan dan pengetahuan peserta dalam bidang yang sesuai dengan jabatan yang dilamar. Format tes SKB dapat berupa tes tulis, wawancara, atau tes praktik, tergantung kebijakan instansi yang menyelenggarakan seleksi.

 

- Verifikasi Berkas

Setelah menyelesaikan tes SKB, peserta diwajibkan melengkapi dan mengirimkan berkas-berkas administrasi yang diperlukan. Berkas-berkas ini melibatkan fotokopi identitas, ijazah, transkrip nilai, dan dokumen lain yang diminta oleh instansi penyelenggara.

 

- Penentuan Hasil Akhir

Setelah melewati serangkaian tahapan seleksi, instansi akan menetapkan hasil akhir seleksi CPNS. Pengumuman hasil akhir ini akan menunjukkan peserta yang dinyatakan lulus dan akan diterima sebagai CPNS.

Sumber: