Rekrutmen CASN 2024 Bakal Didominasi Fresh Graduate, Ini Fokus Pemerintah!

Rekrutmen CASN 2024 Bakal Didominasi Fresh Graduate, Ini Fokus Pemerintah!

Rekrutmen CASN 2024 Bakal Didominasi Fresh Graduate, Ini Fokus Pemerintah!/---Istimewah-

Rekrutmen CASN 2024 Bakal Didominasi Fresh Graduate, Ini Fokus Pemerintah!

RK ONLINE - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, memastikan bahwa rekrutmen calon aparatur sipil negara (CASN) pada tahun depan akan didominasi oleh lulusan baru atau fresh graduate. 

 

Dalam pengumuman di Kantor Pusat Badan Kepegawaian Negara (BKN) Jakarta, Anas menyatakan bahwa meskipun total kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) pada 2024 diperkirakan mencapai 1,3 juta orang, rincian porsi untuk formasi CPNS dan PPPK belum dapat dijelaskan, termasuk untuk porsi fresh graduate yang pada tahun ini hanya mencapai 20%.

BACA JUGA:Menyusul Pengesahan UU ASN, Pemerintah Tegas Larang Rekrutmen Tenaga Honorer

"Saya mohon maaf kepada teman-teman fresh graduate, karena tahun ini belum bisa membuka formasi lebih banyak lagi sebagaimana harapan. Tapi, Insya Allah tahun 2024, saya sudah minta kepada BKN dan tim SDMA di Kementerian PANRB untuk membuat kebijakan rekrutmen fresh graduate yang lebih besar," kata Anas.

 

Anas menegaskan bahwa meskipun tahun ini masih memberikan 80% porsi formasi untuk honorer karena sebagian besar telah mengabdi, tahun depan akan ada kebijakan lebih besar untuk merekrut fresh graduate. 

 

Formasi CASN untuk fresh graduate diperkirakan akan banyak terdapat di lini-lini pelayanan publik dengan tujuan mendorong target prioritas pemerintah, seperti pembangunan sektor pariwisata.

BACA JUGA:BKN Umumkan 555.421 Pelamar CASN 2023 yang Tidak Lolos Seleksi Berkas, Cek Namamu Sekarang!

"Tetapi untuk persentasenya berapa, kita sedang akan menghitung. Namun, untuk fresh graduate, akan kita perbanyak terutama di lini-lini pelayanan yang dapat mendorong target prioritas pemerintah. Contohnya, seperti yang belum terpikirkan sebelumnya di sektor pariwisata," ungkap Anas.

 

Selain kebutuhan CASN untuk mendukung pengembangan lima destinasi pariwisata prioritas, Anas memastikan bahwa kebutuhan CASN 2024 untuk fresh graduate juga akan terfokus pada talenta digital, seperti memperkuat keamanan siber.

Sumber: