Jadi 'Ladang Buah' Calon Legislatif, Berikut Ini DPT Kabupaten Kepahiang per Kecamatan Pada Pemilu 2024

Jadi 'Ladang Buah' Calon Legislatif, Berikut Ini DPT Kabupaten Kepahiang per Kecamatan Pada Pemilu 2024

Jumlah DPT Kbaupaten Kepahiang per kecamatan yang menjadi "ladang buah" bagi calon legislatif dalam Pemilu 2024/ Foto: Penertiban APK Calog oleh jajaran Bawaslu Kepahiang.--Istimewah

Jadi 'Ladang Buah' Calon Legislatif, Berikut Ini DPT Kabupaten Kepahiang per Kecamatan Pada Pemilu 2024 

RK ONLINE - Banyaknya APK Caleg atau Calon Legislatif yang berhasil ditertibkan Bawaslu Kepahiang, secara tidak langsung menunjukan Kecamatan Kepahiang merupakan kecamatan yang menjadi "ladang buah" bagi calon legislatif. Selain itu, sebagai kecamatan induk, Kecamatan Kepahiang juga merupakan kecamatan dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap atau DPT terbanyak di Kabupaten Kepahiang.

BACA JUGA:TEGAS! Begini Klarifikasi Bung Igor, Ketua DPD Partai Perindo yang Mengundurkan Diri Sebagai Komisaris PT SMM

Sebelumnya melalui penertiban APK Caleg hari pertama, Selasa 7 November 2023 jajaran Bawaslu Kepahiang bersama stakeholder berhasil membongkar paksa APK Caleg dengan jumlah keseluruhan 535 APK. Terdiri dari Kecamatan Kepahiang 369 APK, Kecamatan Bermani Ilir 75 APK, Kecamatan Kabawetan 62 APK dan Kecamatan Muara Kemumu sebanyak 29 APK calon legislatif.

 

Tidak hanya menyasar kecamatan yang dinilai sebagai "ladang buah" saja, Rabu 8 November 2023 penertiban APK Caleg ini kembali dilakukan jajaran Bawaslu Kepahiang dan stakeholder. Kali ini penertiban APK Caleg dilaksanakan dengan sasaran Kecamatan Tebat Karai, Kecamatan Ujan Mas, Kecamatan Merigi dan Kecamatan Seberang Musi yang merupakan kecaatan dengan jumlah DPT lebih sedikit. 

 

Tapi dari hasil sementara penertiban APK Caleg yang didukung dengan sebaran jumlah penduduk yang ada, dapat disimpulkan jika Kecamatan Kepahiang, merupakan kecamatan yang bakal menjadi "ladang buah" bagi calon legislatif dalam mendulang suara dukungan pada Pemilu 2024 mendatang.

BACA JUGA:Ayo Makan Durian Gratis, Catat Berikut Ini Jadwal dan Lokasi Festival Durian di Kabupaten Bengkulu Tengah

Ketua Bawaslu Kepahiang, Mirzan Pranoto Hidayat, S.Sos membenarkan kondisi demikian. Dia mengatakan kalau melalui penertiban APK Caleg hari pertama, pihaknya berhasil menertibkan sebanyak 535 APK. Dari jumlah tersebut Mirzan mengakui kalau APK Caleg yang paling banyak ditertibkan berada di Kecamatan Kepahiang, yakni 369 APK.

 

"Berdasarkan hasil rekapan jajaran Bawaslu, alat peraga kampanye atau alat peraga sosialisasi yang berhasil ditertibkan hari pertama berjumlah 535. Dari jumlah tersebut, paling banyak ditertibkan di Kecamatan Kepahiang dengan jumlah total 369," terang Mirzan. 

 

Lebih lanjut dikatakan bahwa pada penindakan hari kedua ini, kemungkinan masih banyak baliho-baliho yang akan ditertibkan oleh pihaknya. Sebab sejumlah kawasan seperti Seberang Musi dan juga Merigi tampak masih banyak baliho yang masih berdiri kokoh di pinggir jalan atau di rumah-rumah warga.

Sumber: