Tahap SKD Seleksi CPNS 2023, Berikut Passing Grade Lengkap Beserta Cara Mengukur Kemampuan Diri

Tahap SKD Seleksi CPNS 2023, Berikut Passing Grade Lengkap Beserta Cara Mengukur Kemampuan Diri

Tahap SKD Seleksi CPNS 2023, Berikut Passing Grade Lengkap Beserta Cara Mengukur Kemampuan Diri/---Youtube/@MaunGovillian

Tahap SKD Seleksi CPNS 2023, Berikut Passing Grade Lengkap Beserta Cara Mengukur Kemampuan Diri

RK ONLINE - Proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023 akan segera memasuki tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Untuk berhasil melalui tahap ini, peserta seleksi harus memenuhi nilai ambang batas atau passing grade SKD CPNS 2023.

 

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) Nomor 651 Tahun 2023 mengatur pembahasan mengenai passing grade ini. Passing grade akan berbeda untuk beberapa subtes yang diujikan, seperti Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensia Umum, dan Tes Karakteristik Pribadi.

BACA JUGA:Apa Tahapan Selanjutanya CPNS dan PPPK 2023 Setelah Masa Sanggah?

Peserta seleksi CPNS yang melebihi passing grade ini akan dinyatakan lolos ke tahap berikutnya, yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Berikut adalah nilai passing grade SKD CPNS 2023 berdasarkan peraturan KemenpanRB Nomor 651 Tahun 2023:

- Tes Wawasan Kebangsaan (TWK): 65 dari nilai tertinggi 150

- Tes Intelegensia Umum (TIU): 80 dari nilai tertinggi 175

- Tes Karakteristik Pribadi (TKP): 166 dari nilai tertinggi 225

 

Passing grade ini berlaku untuk peserta seleksi CPNS secara umum. Namun, ada beberapa perbedaan untuk lulusan cum laude dan diaspora. Mereka harus mencapai nilai kumulatif SKD paling rendah sebesar 311 dan nilai TIU paling rendah 85.

 

Penyandang disabilitas juga memiliki syarat yang berbeda. Mereka harus mencapai nilai kumulatif SKD paling rendah 286 dan nilai TIU paling rendah 85, Sementara itu, untuk putra-putri Papua, nilai kumulatif SKD paling rendah adalah 286 dan nilai TIU paling rendah 60.

BACA JUGA:Proses Pendaftaran CPNS dan PPPK 2023, 5 Tahapan Penting yang Harus Dilalui Masing-Masing Peserta

Sumber: