Berwadahkan IAI, Apoteker Kepahiang Bersatu Dalam Pembentukan Kampung ASK ME Dagusibu

Berwadahkan IAI, Apoteker Kepahiang Bersatu Dalam Pembentukan Kampung ASK ME Dagusibu

Apoteker kepahiang yang tergabung di dalam PC IAI Kepahiang bersatu melakukan pembentukan Kampung ASK ME Dagusibu Kabupaten Kepahiang.--Istimewah

Dimana setiap Kepala Keluarga (KK), terdapat 1 perwakilan yang menjadi responden dan diberikan penyuluhan langsung individu dan penyuluhan tidak langsung melalui media sosial PC IAI Kepahiang. Peserta yang mengisi kuisoner sebanyak 39 orang dan didapati hasilnya, yaitu di bawah 50 persen masyarakat masih belum memahami dan mengetahui tentang Dagusibu.

3. Perancangan dan Pengembangan Program

Peresmian Kampung ASK ME Dagusibu dilaksanakan, Sabtu 23 September 2023 di Aula Desa Kampung Bogor pukul 08.00 WIB.

4. Pelaksanaan Program

Sosialiasi mengenai Dagusibu dilaksanakan dengan pemaparan materi dari narasumber yaitu, Apt. Redo Apriyanto, S.Farm dengan metode diskusi interaktif. 

5. Evaluasi Program dan Peresmian Kampung ASK ME DaGuSiBu

Evaluasi dilakukan dengan memberikan hasil pascasurvei untuk mengetahui peningkatan pengetahuan dan sikap responden terkait Dagusibu obat. Hasil yang didapati menunjukan jika setelah dilakukan survey melalui Games tentang Dagusibu, 80 persen pengetahuan responden terkait Dagusibu mengalami peningkatan. 

BACA JUGA:Tips Mudah Mengisi Riwayat Pekerjaan dan Mengunggah Dokumen Pendaftaran CPNS 2023

6. Rencana Tindak Lanjut

• Apoteker Kepahiang akan melakukan survey kembali terhadap responden agar pengetahuan terkait Dagusibu, bisa mencapai 100 persen. Apabila responden sudah dinyatakan paham maka akan diberikan souvenir berupa kotak obat.

• Ada 12 responden, yaitu kader yang berkomitmen untuk melaksanakan kegiatan Dagusibu dibantu edukasi oleh Apoteker Kepahiang dengan tujuan, meningkatkan status Kampung ASK ME Dagusibu agar menjadi lebih maju dan mandiri. Harapan ke depannya, jumlah sasaran responden bertambah dan dapat menjangkau peserta dari desa/kelurahan lain di Kabupaten Kepahiang.

Tidak kalah menarik, Yel-yel juga resmi disematkan saat acara peresmian Kampung ASK ME Dagusibu ini. Yakni "Apoteker Kepahiang Sahabat Keluarga". 


Pengobatan gratis--

Merujuk pada pemaparan di atas, panitia dari PC IAI Kepahiang bersatu agar kegiatan pembentukan Kampung ASK ME Dagusibu dapat terlaksana dengan sebaik baiknya, sesuai dengan petunjuk teknis yang ditetapkan Pengurus Pusat (PP) IAI, dalam rangka memperingati World Pharmacist Day (WPD) ke-68. Kegiatan WPD ini sendiri diselenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia, Sabtu 23 September 2023. WPD tingkat nasional sendiri diselenggarakan di Kota Ambon oleh PD IAI Maluku sebagai tuan rumah. Di sini PC IAI Kepahiang juga hadir sebagai perwakilan dari PD IAI Bengkulu.

BACA JUGA:Bukan Digoreng! Ini Resep Mengolah Tempe dan Telur yang Baik dan Benar Meurut dr Zaidul Akbar

Sumber: