Berwadahkan IAI, Apoteker Kepahiang Bersatu Dalam Pembentukan Kampung ASK ME Dagusibu

Berwadahkan IAI, Apoteker Kepahiang Bersatu Dalam Pembentukan Kampung ASK ME Dagusibu

Apoteker kepahiang yang tergabung di dalam PC IAI Kepahiang bersatu melakukan pembentukan Kampung ASK ME Dagusibu Kabupaten Kepahiang.--Istimewah

RK ONLINE - Melalui rapat yang diselenggarakan secara daring via Zoom Meeting bersama Pengurus Daerah (PD) Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Bengkulu, Senin 4 September 2023 Pengurus Cabang (PC) IAI Kepahiang dipercaya dan mendapatkan amanah pembentukan Kampung ASK ME Dagusibu Kabupaten Kepahiang

Berdasarkan kesepakatan dalam rapat tersebut, pembentukan Kampung ASK ME Dagusibu Kabupaten Kepahiang ini dijadwalkan berlangsung 23 September 2023. Pembentukan ini sendiri bertujuan membantu dan memandu masyarakat, dalam penggunaan obat agar menjadi lebih baik dari sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh permasalahan obat yang dari tahun ke tahun selalu muncul di tengah-tengah masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Kepahiang. Seperti peredaran obat palsu, panic buying obat Covid-19 dan polemic ketersediaan obat sirup.


Persiapan pembentukan Kampung ASK ME Dagusibu Kabupaten Kepahiang.--

Dipimpin langsung oleh Ketua PC IAI Kepahiang, Apt. Yosi Ermalena, S.Si, Apoteker Kepahiang kemudian menyelenggarakan rapat pembentukan Kampung ASK ME Dagusibu. Dengan melibatkan banyak apoteker yang ada di Kabupaten Kepahiang, rapat ini membuahkan hasil dengan ditetapkannya Apt. Mareta Devia, S.Farm, sebagai ketua panitia pembentukan Kampung ASK ME Dagusibu Kabupaten Kepahiang. Kemudian Ap. Triliantar Siregar, S.Farm sebagai sekretaris dan Apt. Tri Winda Sari, S.Farm selaku bendahara.

BACA JUGA:Memperkuat Sistem Kesehatan Nasional, Apoteker Kepahiang Resmikan Kampung ASK ME Dagusibu Desa Kampung Bogor

Kemudian dengan restu Dinas Kesehatan Kabupaten Kepahiang, langkah selanjutnya yakni melakukan koordinasi dan advokasi langsung dengan Puskesmas Pasar Kepahiang, terkait rencana pembentukan Kampung ASK ME Dagusibu Kabupaten Kepahiang. Sesuai ekspektasi, rencana pembentukan Kampung ASK ME Dagusibu ini langsung mendapat sambutan yang antusias dan dukungan dari Puskesmas Pasar Kepahiang.

 

Selanjutnya survey desa terpilih dipimpin oleh ketua PC IAI Kepahiang dan ketua panitia pada 8 September 2023. Di sini survey dilakukan dengan cara melakukan advokasi di Balai Desa Kampung Bogor. Kepada pemerintah Desa Kampung Bogor, ketua panitia dan ketua PC IAI Kepahiang secara detil menjelaskan tentang pembentukan Kampung ASK ME Dagusibu. 


Koordinasi dan advikasi--

Kepala Desa Kampung Bogor, Subandi yang diwakili oleh salah satu Kadus, Tri Eka juga menyambut baik rencana ini. Bahkan pemerintah desa terpilih juga menunjukan bentuk dukungannya dengan menyediakan fasilitas yang dapat menunjang kegiatan, terutama saat peresmian Kmapung ASK ME Dagusibu diselenggarakan.

 

Sementara itu berbagai persiapan panitia terus dilakukan. Seperti persiapan administrasi berupa surat permohonan sponsorship yang dikoordinir oleh sekretaris kegiatan. Kemudian tim humas dan jajaran panitia lainnya juga terus bergerak cepat mencari sponsorship. Baik dari Apotek, PBF, perorangan, pelaku usaha, BPJS bahkan PD IAI Bengkulu. 

BACA JUGA:Peserta Seleksi CPNS Formasi Sipir Lapas Kemenkumham Wajib Paham, Ini Tugas dan Tantangan Jadi Sipir Lapas!

Berbagai kiat ini dilakukan, dengan tujuan menunjang peresmian Kampung ASK ME Dagusibu Kabupaten Kepahiang. Di sisi lainnya sebagai Koordinator Acara, Apt. Eka Yunita, S.Farm, M.E bersama anggotanya Apt. Ulfa Adelina, S.Farm, Apt. Rezi Yuliana, S.Farm dan Apt. Nikita Andriani, S.Farm juga mulai bergerak merancang dan membuat konsep kegiatan. Mulai dari konsep dan rancangan survey awal ke rumah peserta terpilih, sosialisasi singkat terkait Kampung ASK ME Dagusibu hingga konsep penyuluhan tidak langsung melalui media sosial PC IAI Kepahiang (Instagram dan Facebok yaitu PC_IAI Kepahiang dan Youtube yaitu PC IAI Kepahiang Official).

Sumber: