Solusi Bagi Tenaga Honorer, Pendaftaran CPNS dan PPPK 2023 Dibuka

Solusi Bagi Tenaga Honorer, Pendaftaran CPNS dan PPPK 2023 Dibuka

Mahfud Md sebutkan solusi untuk tenaga honorer jika tidak lolos cpns 2023/---apahabar.com

BACA JUGA:Ini Alasan Penghapusan Tenaga Honorer Ditunda Hingga Desember 2023

Solusi ini ditujukan bagi honorer yang kualifikasinya tidak memenuhi syarat sebagai ASN sehingga tidak lolos seleksi CPNS dan PPPK.

 

Tenaga honorer seperti pengemudi, tenaga kebersihan, dan satuan pengamanan dapat masuk dalam skema alih daya atau outsourcing ini. Tujuannya adalah memberikan kepastian hukum, status kepegawaian, dan kepastian penghasilan bagi honorer.

 

Selain itu, Kementerian Dalam Negeri juga memberikan solusi bagi honorer yang tidak lolos seleksi CPNS dan PPPK 2023. Dua opsi yang disampaikan adalah filtrasi dan pencermatan ulang PP No. 49/2018.

BACA JUGA:Pemerintah dan DPR Merancang PPPK Part Time sebagai Solusi Penghapusan Tenaga Honorer

Opsi filtrasi mendorong eks tenaga honorer yang masih memenuhi syarat untuk mengikuti seleksi CPNS dan PPPK. Bagi yang tidak lulus seleksi CPNS dan PPPK, mereka akan diarahkan untuk mengikuti seleksi PPPK Afirmasi. 

 

Afirmasi PPPK adalah kebijakan khusus yang memungkinkan tenaga honorer dapat diangkat menjadi PPPK dengan syarat khusus. Kebijakan ini berlaku selama empat tahun, sampai dengan tahun 2026.

 

Dengan demikian, bagi tenaga honorer yang memiliki impian untuk menjadi ASN, masih ada banyak peluang dan solusi yang ditawarkan oleh pemerintah, baik melalui CPNS, PPPK, atau skema outsourcing.

Sumber: