Kampung Tangguh Bebas Narkoba, Desa Bogor Baru Dalam Pengawasan Langsung Kapolda Bengkulu

Kampung Tangguh Bebas Narkoba, Desa Bogor Baru Dalam Pengawasan Langsung Kapolda Bengkulu

Kapolda Bengkulu, Armed Wijaya saat meresmikan Kampung Tangguh Bebas Narkoba Kabupaten Kepahiang--DOK/Ist

RK ONLINE - Menindaklanjuti program Quick Wins Presisi Polri yang dicanangkan oleh Kapolri, Rabu 30 Agustus 2023 Kapolda Bengkulu, Irjen Pol. Drs. Armed Wijaya, MH meresmikan Desa Bogor Baru, Kecamatan Kepahiang, Kabupaten Kepahiang, sebagai desa dengan julukan Kampung Tangguh Bebas Narkoba

Berlangsung di Balai Desa Bogor Baru, Armed Wijaya memastikan jika Desa Bogor Baru yang dinobatkan sebagai Kampung Tangguh Bebas Narkoba ini, bakal berada dalam pengawasan langsung dirinya selaku Kapolda Bengkulu.

Melalui kegiatan launching yang disertai dengan pengukuhan kepengurusan Kampung Tangguh Bebas Narkoba ini, Kapolda Bengkulu mengungkapkan jika Kampung Tangguh Bebas Narkoba ini, sejatinya merupakan upaya Korps Bhayangkara dalam mengentaskan peredaran serta penyalahgunaan narkotika di Provinsi Bengkulu. 

Setelah melalui sejumlah pertimbangan dan laporan Polres Kepahiang, dirinya memutuskan kalau Desa Bogor Baru secara resmi ditunjuk sebagai Kampung Tangguh Bebas Narkoba di Kabupaten Kepahiang.

"Ini adalah program Kapolri dalam rangka meminimalisir penyalahgunaan dan peredaran narkoba. Khusus untuk Kabupaten Kepahiang, Desa Bogor Baru ditunjuk sebagai satu-satunya desa yang menjadi Kampung Tangguh Bebas Naroba," ujar Armed.

Dengan peresmian Kampung Tangguh Bebas Narkoba di Desa Bogor Baru, Kapolda Bengkulu ini berharap jika keterlibatan seluruh pihak baik dari TNI/Polri, pemerintah dan juga masyarakat untuk berkolaborasi dalam pemberantasan peredaran narkoba. 

BACA JUGA:Rp2,4 Miliar Dana Kelurahan di Kepahiang Terancam 'Disita Negara'

Dirinya juga berharap agar kedepannya, 104 desa lainnya yang ada di Kabupaten Kepahiang, dapat menjadikan Desa Bogor Baru sebagai referensi. Sehingga sambung Kapolda Bengkulu, kasus peredaran narkoba di Wilkum Polres Kepahiang, Polda Bengkulu bisa terus ditekan hingga akhirnya Provinsi Bengkulu benar-benar dinyatakan sebagai provinsi yang tangguh dan bebas narkoba.

"Tentu ini tidak bisa dilakukan sendirian, memang harus ada komitmen untuk menyelesaikannya bersama-sama. Nanti saya sendiri yang akan melakukan pemantauan terhadap Kampung Bebas Narkoba ini. Jika memang ada kendala maka akan segera kita tindaklanjuti," demikian Kapolda Bengkulu.

Di sisi lainnya Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid, MM, IPU yang secara langsung melantik puluhan petugas Kampung Tangguh Bebas Narkoba ini mengaku mengapresiasi kinerja Polri dalam mewujudkannya program ini. 

Menurut bupati Kepahiang, ini merupakan upaya preventif dalam memberantas penyalahgunaan dan peredaran narkoba di Kabupaten Kepahiang. Untuk saat ini Desa Bogor Baru menjadi desa pertama dan satu-satunya Kamoung Tangguh Bebas Narkoba di Kabupaten Kepahiang. 

Oleh karena itu, dirinya berharap 100 lebih desa lainnya yang ada dk Kabupaten Kepahiang, bisa mengikuti jejak prestasi ini.

"Semoga dengan terwujudnya kampung tangguh ini, menjadi upaya preventif kita dalam memutus jaringan narkoba di Kabupaten Kepahiang. Semua ini diharuskan agar masyarakat, dapat memiliki kualitasi hdup yang lebih baik," demikian bupati Kepahiang.

BACA JUGA:Disperinaker Klaim 'Job Fair' Solusi Berantas Jumlah Pengangguran di Kepahiang

Sumber: