Disperinaker Klaim 'Job Fair' Solusi Berantas Jumlah Pengangguran di Kepahiang

Disperinaker Klaim 'Job Fair' Solusi Berantas Jumlah Pengangguran di Kepahiang

Kepala Disperinaker Kabupaten Kepahing, A. Ghani, S.Sos--Jimmy Mayhendra

RK ONLINE - Hingga Selasa 29 Agustus 2023, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Kepahiang mencatat sejauh ini masih ada sebanyak 2.366 jiwa warga Kabupaten Kepahiang yang tidak memiliki pekerjaan alias menganggur. Bahkan sepanjang tahun ini, Disperinaker telah menerbitkan setidaknya sebanyak 84 kartu kuning (AK1) untuk kartu para pencari kerja.

Kepala Disperinaker Kabupaten Kepahing, A. Ghani, S.Sos menuturkan bahwa untuk mengurangi jumlah pengangguran ini, Pemkab Kepahiang telah memikirkan sebuah solusi yang dianggap mampu untuk memberantas jumlah pengangguran. Solusi ini adalah dengan cara Job Fair atau mempertemukan perusahaan yang mencari tenaga kerja dan pengangguran yang mencari pekerjaan.

"Sepertinya Job Fair ini langkah yang strategis, jadi pola nya kita mempertemukan perusahaan yang mencari karyawan dengan pengangguran yang mencari pekerjaan," ujar Ghani.

Lebih lanjut dikatakan bahwa Job Fair ini masih belum bisa dilaksanakan dalam tahun ini sebab mengingat perlu dipetakan perusahaan mana saja di Kabupaten Kepahiang ini yang tengah memerlukan karyawan dan juga warga kepahiang mana saja yang masih menganggur. Terlebih saat ini Ghani juga masih baru dalam memimpin OPD Disperinaker sehingga masih perlu untuk mendalami pola ini.

"Kalau tahun ini rasanya belum akan terealisasi, kita upayakan tahun depan," lanjutnya.

BACA JUGA:Waduh, 50 Balita di Kepahiang Stunting

Sementara itu untuk diketahui bahwa sepanjang tahun 2023 ini, sudah sebanyak 84 warga Kabupaten Kepahiang yang telah mengurus AK 1. Dari puluhan jumlah tersebut, didominasi oleh pelajar yang baru saja lulus dengan jumlah mencapai 22 orang, disusul oleh tamatan SMK dan S1 sebanyak 14 orang, warga yang tidak memiliki ijazah sebanyak 13 orang, D3 sebanyak 12 orang, tamatan SD 6 orang, tamatan SMP 2 orang dan D4 sebanyak 1 orang.

"Nanti kita rincikan dengan detail terlebih dahulu, baru selanjutnya akan kita lakukan aksi Job Fair ini," demikian Ghani.

Sumber: