Legenda Burung Garuda Menjadi Simbol Keagungan dan Kebanggaan Suku Jawa

Legenda Burung Garuda Menjadi Simbol Keagungan dan Kebanggaan Suku Jawa

Lagenda burung garuda di budaya jawa/Foto:Ilustrasi---Youtube/@Robi Ulnawawi

Legenda Burung Garuda Menjadi Simbol Keagungan dan Kebanggaan Suku Jawa

RK ONLINE- Di tanah Jawa, terdapat legenda yang menjadi bagian penting dari budaya dan sejarahnya: legenda tentang Garuda.

Burung Garuda bukan hanya sekadar hewan mitos atau simbol, tetapi juga memiliki makna mendalam bagi masyarakat Jawa.

Dalam berbagai aspek kehidupan, simbolik dan keindahan burung Garuda telah menyatu erat dengan identitas dan kebanggaan suku Jawa.

 

Berasal dari Kitab Mahabharata

Legenda Burung Garuda memiliki akar yang berada di dalam naskah-naskah Hindu, khususnya dalam epik Mahabharata. Dalam kitab ini, dikisahkan bahwa Burung Garuda adalah putra dari resi Kashyapa dan Winata. 

Burung Garuda memiliki bentuk seekor burung raksasa dengan ukuran yang mengagumkan. Bukan hanya rentang sayapnya yang luas, paruh Burung Garuda juga terkenal sangat kuat. 

BACA JUGA:Pembawa Keberuntungan dan Kekayaan, Naga Sakti Suku Dayak Kalimantan Disebut Sebagai Roh Penjaga Alam

Legenda Burung Garuda ini juga menceritakan tentang perebutan Amrita, nektar keabadian di antara para dewa dan Asura. Burung Garuda kemudian membantu para dewa dengan menaklukkan para Asura untuk mendapatkan Amrita tersebut.

 

Simbol Keagungan dan Kekuatan

Dalam budaya Jawa, Garuda dianggap sebagai simbol keagungan, kekuatan dan kemenangan. Bahkan simbol ini sering kali dijadikan sebagai lambang suatu kerajaan di Indonesia. Bentuk burung Garuda sering ditemukan dalam seni, arsitektur dan ukiran tradisional Jawa. 

 

Sumber: