Festival Tabot Segera Dimulai, Berikut Sederet Ritual Wajib Yang Selalu Hadir Dalam Perayaan Tabot Bengkulu!

Festival Tabot Segera Dimulai, Berikut Sederet Ritual Wajib Yang Selalu Hadir Dalam Perayaan Tabot Bengkulu!

Festival tabot tahun 2022---sumeks.disway.id

BACA JUGA:9 Hal Yang Harus Dihindari Saat Berkendara Dijalan Tol

Dalam setiap perayaan Tabot, terdapat serangkaian ritual wajib yang selalu hadir dan dilakukan oleh masyarakat setempat. Mari kita jelajahi lebih lanjut mengenai ritual-ritual tersebut.

 

1. Penyambutan Tabot

Ritual pertama yang dilakukan dalam perayaan Tabot di Provinsi Bengkulu adalah penyambutan Tabot. Tabot adalah replika dari peti mati atau janazah yang dibuat dari kayu. 

 

Masyarakat Bengkulu percaya bahwa Tabot adalah simbol dari keturunan Saidina Hussein bin Ali, cucu Nabi Muhammad SAW. Tabot akan dibawa keliling oleh para pemuda setempat sambil diarak di tengah-tengah keramaian. Ketika Tabot tiba di tempat perayaan, masyarakat akan menyambutnya dengan gembira dan khidmat.

 

2. Tahlilan

Setelah penyambutan Tabot, ritual selanjutnya adalah tahlilan. Tahlilan merupakan doa dan pembacaan Al-Qur'an bersama yang dilakukan oleh masyarakat yang hadir dalam perayaan Tabot. 

 

Masyarakat berkumpul di masjid atau rumah-rumah untuk membaca Surah Yasin dan doa-doa khusus lainnya. Tahlilan ini dilakukan untuk mengenang dan mendoakan para leluhur dan nenek moyang yang telah meninggal.

 

3. Ritual Menabur Bunga

Ritual menabur bunga juga menjadi bagian penting dalam perayaan Tabot di Provinsi Bengkulu. Setelah tahlilan selesai, masyarakat akan membawa bunga-bunga dan menuangkannya di sekitar Tabot. Hal ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan dan penghormatan kepada leluhur serta sebagai simbol rasa syukur kepada Tuhan.

Sumber: