Cek Sekarang, Ini Jadwal Seleksi Guru PPPK 2023 Berikut Jumlah Formasi Guru Sesuai Kebutuhan Pemerintah!

Cek Sekarang, Ini Jadwal Seleksi Guru PPPK 2023 Berikut Jumlah Formasi Guru Sesuai Kebutuhan Pemerintah!

Jadwal dan jumlah formasi Seleksi Guru PPPK 2023/Foto: Ilustrasi--Antara

Cek Sekarang, Ini Jadwal Seleksi Guru PPPK 2023 Berikut Jumlah Formasi Guru Sesuai Kebutuhan Pemerintah!

RK ONLINE - Terhitung sejak beberapa bulan yang lalu, pemerintah sudah merumuskan serangkaian tahapan Seleksi PPPK 2023. Tanpa terkecuali Seleksi Guru PPPK 2023 yang memang sudah sejak lama dinantikan oleh kalangan guru honorer yang ada dan tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia. 

BACA JUGA:Setara PNS, Kontrak Guru PPPK Bisa Dihapuskan Jika Pemerintah dan DPR RI Pilih Melakukan Ini!

Namun sampai saat ini, tidak jarang pula calon peserta yang ternyata masih belum mengetahui jadwal dan formasi PPPK 2023 ini. Khususnya Formasi Guru PPPK 2023 yang memang faktanya, masih menjadi formasi prioritas pemerintah dalam rekrutmen CASN 2023.

 

Untuk diketahui kalau sebelumnya MenPANRB, Abdullah Azwar Anas sudah menginformasikan jika pelaksanaan Seleksi Guru PPPK ini akan dilaksanakan berbarengan dengan Seleksi CPNS 2023. 

Sempat diwacanakan bulan Juni dan Juli, pendaftaran Seleksi Guru PPPK 2023 dan Seleksi CPNS 2023 ini kembali berubah dan ditetapkan September 2023 mendatang.

BACA JUGA:Kontrak Guru PPPK Dihapuskan Otomatis, 2 Syarat Penting Ini Jadi Penentu Guru Terdaftar Dalam Marketplace!

Sesuai jumlah usulan yang masuk dan tingkat kebutuhan terhadap ASN saat ini, MenPANRB Anas menyebutkan jika Formasi CPNS 2023 akan PPPK 2023 berjumlah 1 juta formasi lebih yang didalamnya termasuk formasi CPNS, formasi Guru PPPK, formasi PPPK Tenaga Kesehatan dan formasi PPPK Teknis.

 

Namun menurut MenPANRB Anas, jumlah formasi ini kemungkinan besar akan kembali bertambah. Selain usulannya yang meminta adanya penambahan untuk formasi khusus seperti talenta digital dan beberapa lainnya, MenPANRB ANas mengungkapkan jika sampai saat ini, masih ada beberapa kementerian yang belum mengusulkan formasi Seleksi PPPK 2023 dan Seleksi CPNS 2023.

BACA JUGA:7 Rekomendasi Makanan Sehat untuk Lansia yang Sakit

Lantas berapa jumlah formasi guru dalam Seleksi Guru PPPK 2023?

Sebelumnya persoalan kuota atau formasi guru dalam Seleksi Guru PPP 2023 ini, sempat dibeberkan oleh Dirjen GTK Kemendikbudristek, Nunuk Suryani. Melalui kesempatan rapat bersama Komisi X DPR RI, Nunuk Suryani mengatakan jika kebutuhan terhadap Guru PPPK saat ini masih sangat tinggi. Maka dari itu dapat dipastikan jika jumlah formasi Guru PPPK dalam Seleksi Guru PPPK 2023 ini berjumlah sangat banyak.

Sumber: