7 Rekomendasi Makanan Sehat untuk Lansia yang Sakit

7 Rekomendasi Makanan Sehat untuk Lansia yang Sakit

Ilustrasi Makanan Sehat--DOK/Net

Seiring bertambahnya usia, apa yang Anda makan menjadi hal penting. Pola makan sehat bisa membantu lansia mengurangi risiko terserang penyakit.

Tentu saja, tidak ada jaminan 100% seorang lansia bebas penyakit. Artinya, pola makan sehat merupakan tindakan pencegahan.

Sedangkan, saat lansia sakit maka sejumlah tindakan ekstra perlu dilakukan. Perlu diingat, saat lansia sakit, maka kondisi tubuh lebih sulit beraktivitas. Tidak jarang, orang tua yang sakit menghabiskan waktu hanya dengan  berbaring di tempat tidur.

Umumnya, lansia sakit tidak mau makan karena nafsu makan menurun. Kondisi tersebut memperburuk kondisi karena dapat menyebabkan malnutrisi yang berpengaruh pada sistem imun tubuh lansia.

Untuk itu, menyiapkan makanan untuk lansia yang sedang sakit merupakan tantangan tersendiri. Cara paling mudah yang kita lakukan adalah memastikan jenis makanan yang dikonsumsi memiliki gizi seimbang.

Karena apa yang kita makan saat sakit akan berpengaruh besar pada tubuh seperti untuk memperkuat tubuh, menambah imunitas, dan paling penting mempercepat penyembuhan.

 

Sumber Makanan untuk Lansia Sakit

Lalu, apa saja makanan untuk lansia sakit? Berikut daftar makanan yang bisa dipersiapkan dengan berbagai kandungan nutrisinya dan diolah dari berbagai sumber :

 

1. Sayuran

Sayuran, terutama yang berdaun hijau seperti bayam, sawi, atau kangkung mengandung berbagai jenis vitamin, mineral, dan serat.

Kandungan nutrisi penting yang dapat membantu melawan infeksi penyakit pada sayuran hijau seperti vitamin C, zat besi, vitamin K, dan folat. Nutrisi-nutrisi tersebut dapat membantu melawan peradangan dan mempercepat penyembuhan.

BACA JUGA:8 Cara Ampuh Mengatasi Kebiasaan Overthinking Saat Malam Hari

Sumber: