Tingkatkan Literasi

Tingkatkan Literasi

DOK/RK : Kadis Perpusda Muktar Yatib, S.Pd--

RK ONLINE - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Perpusda) mendorong satu desa satu perpustakaan. Program ini merupakan salah satu langkah percepatan meningkatkan kecerdasan masyarakat. Kadis Perpusda Kepahiang, Muktar Yatib, S.Pd menjelaskan, program itu tentu perlu didorong guna meningkatkan literasi. Sarananya, tentu perpustakaan sebagai lembaga yang menyediakan buku-buku. Dengan begitu diharapkan peran serta dan dukungan dari pemerintah desa setempat.

"Pertama program ini merupakan intruksi dari Pemerintah Provinsi Bengkulu, Pemkab Kepahiang pun sudah menyampaikan surat edaran pada desa terkait dengan dorongan 1 desa 1 perpustakaan ini. Ya harapan kita dapat terlaksana dengan maksimal," kata Muktar.

Dia melanjutkan, menurutnya program tersebut diharapkan disambut baik oleh seluruh kalangan. Salah satunya sebagai upaya menggiat literasi anak-anak, remaja hingga masyarakat. Program literasi ini diharapkan benar-benar terlaksana, terlebih tidak hanya menggandeng pemerintah desa, tapi ditetapkannya TP PKK sebagai Bunda Literasi diharapkan juga dapat mendorong terlaksananya peningkatan literasi di daerah. 

 

BACA JUGA:Literasi Masyarakat

 

"Apalagi saat ini pengembangan perpustakaan sudah bertransformasi sebagai perpustakaan berbasis inkulusi sosial. Jadi tidak hanya sebagai wadah atau tempat membaca pengembangan literasi saja, melainkan pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat," jelas Muktar.

Disisi lain berbagai upaya melalui pelatihan dan pembinaan dilakukan Perpustakaan Nasional. Yakni dengan menguatkan peran perpustakaan desa dan para pegiat literasi sebagai fasilitator gerakan literasi masyarakat, dalam rangka mengembangkan potensi wilayahnya untuk kesejahteraan masyarakat.

Sumber: