230 Sambungan Listrik Gratis akan Direalisasikan, Anggarannya Rp 325 Juta

230 Sambungan Listrik Gratis akan Direalisasikan,  Anggarannya Rp 325 Juta

230 Sambungan Listrik Gratis akan Direalisasikan, Anggarannya Rp 325 Juta--

RK ONLINE - Sebanyak 230 masyarakat tidak mampu atau rumah tangga miskin (RTM) di Provinsi Bengkulu tepatnya Kabupaten Rejang Lebong dan Kabupaten Bengkulu Utara akan mendapatkan sambungan listrik.

Program unggulan gubernur dan wakil gubernur untuk masyarakat pada tahun 2023 ini, akan direalisasikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu melalui Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Bengkulu.

Kepala Dinas ESDM Provinsi Bengkulu, Ir. Mulyani mengatakan, untuk jumlah penerima sebanyak 230  RTM dengan alokasi anggaran sebesar Rp 525 juta.

BACA JUGA:Pelayanan RSMY Masih Dikeluhkan, Keras!, Dewan Minta Dievaluasi

 

"Program sambungan listrik gratis sedang dalam proses administrasi termasuk menyangkut data penerimanya sedang disiapkan ," katanya.

 

Lebih lanjut, agar penerima bantuan tepat sasaran, Dinas ESDM akan melakukan verifikasi ulang data yang diterima untuk masyarakat yang menjadi sasaran penerima manfaat dan melakukan pengecekan agar penerima benar-benar belum memiliki sambungan listrik di rumahnya. 

Bantuan menurut Sri Mulyani akan  di realisasikan paling cepat di triwulan kedua tahun ini.

"Sementara bantuan yang akan diberikan bantuan sambungan listrik dengan daya 450 KWh,.  Selain itu diprioritaskan  bagi daerah yang belum memiliki sambungan listrik, juga masuk dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS), serta tinggal di wilayah 3T (Tertinggal,Terdepan,dan Terluar).

Untuk diketahui, pada tahun 2022 lalu Dinas ESDM berhasil merealisasikan bantuan sambungan listrik gratis  sekitar 200 sambungan  dengan besaran anggaran yang dialokasikan Rp 325 juta.

Sumber: